Rumah Murah Hampir Habis, Pengembang Minta Pemerintah Tambah Kuota

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pengembang memperkirakan pada April 2020 mendatang, kuota rumah subsidi atau rumah murah akan habis. Hal itu dikarenakan pengusaha hanya punya alokasi Rp11 triliun setara 86 ribu unit rumah dari total kebutuhan Rp29 triliun atau 260 ribu unit.

Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida dalam jumpa pers di Jakarta mengatakan, dibutuhkan alternatif penambahan anggaran FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan).

“Semua sudah sepakat bahwa April itu habis anggaran itu karena hanya tersisa 86.000 unit. Dengan kebutuhan backlog yang ada, selama ini kami bisa penuhi 280.000 unit lebih, bahkan seharusnya bisa 300.000 unit tahun ini” kata Totok.

Pengembang menilai, kurangnya pembiayaan FLPP berpotensi menggagalkan Program Sejuta Rumah (PSR) yang merupakan nawa cita dari Presiden Joko Widodo. Karenanya, mereka meminta pemerintah memberikan solusi atas persoalan tersbeut.

Baca Juga : Akan ada Proyek Kereta Cepat Jakarta-Semarang. Butuh Anggaran Rp58 T

Pengembang mengusulkan alternatif untuk memenuhi kekurangan kuota ini. Salah satunya adalah pengalihan subsidi LPG 3kg yang belakangan disebut pemerintah tidak tersalurkan tepat sasaran.

“Tentu banyak subsidi, pemerintah yang harus dievaluasi. Itu kenapa kami ke komisi VII. Di Migas misal gas dan sebagainya kalau tidak tepat sasaran alangkah baiknya digeser untuk subsidi perumahan” kata Plt. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti Setyo Maharso.

Menanggapi keresahan pengembang yang memperkirakan anggaran program rumah murah akan habis pada April ini, Presiden Joko Widodo memastikan penambahan anggaran program FLPP untuk pembangunan rumah bersubsidi pada 2020.

“Pagu-nya ditambah. Saya sudah perintah sendiri” kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi belum merinci berapa besar penambahan anggaran tersebut. Namun Jokowi memastikan program sejuta rumah ini akan terus berjalan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo