Sektor Properti Ikut Kena Dampak dari Banjir Jabodetabek

image

PropertiNews.id, Tangerang – Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek semenjak awal tahun 2020 ini, berdampak pada berbagai sektor termasuk properti. Sektor properti sempat terpuruk dan menurun akibat banjir yang tidak kunjung surut.

Direktur Eksekutif Jakarta Properti Institute (JPI) Wendy Haryanto mengatakan, banjir yang terjadi berpotensi menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi sektor properti yang nilainya bisa mencapai triliunan rupiah.

“Sektor properti pasti kena pengarus besar, karena pusat perbelanjaan langsung sepi. Banjir yang terjadi di Jakarta juga membuat perkantorran sepi karena banyak karyawan yang tidak bisa berangkat kerja. Akibatnya aktivitas perekonomian juga tidak bisa berjalan normal seperti biasanya” kata Wendy.

Selain itu, kondisi banjir ini juga sangat berdampak bagi para calon pembeli hunian, khususnya untuk di kawasan Jabodetabek. Potensi suatu wilayah bisa mengalami banjir atau tidak, menjadi salah satu indikator yang penting untuk diperhatikan.

Oleh sebab itu, kondisi yang saat ini tengah dihadapkan oleh curah hujan tinggi bahkan sampai terjadi banjir di beberapa wilayah, menjadi kesempatan bagi calon pembeli untuk melihat-lihat lokasi dari hunian yang tengah dibidik. Hal ini untuk memastikan hunian yang ingin dibeli memang aman dari potensi terjadinya banjir.

Di sisi lain, Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, pembangunan properti selama ini tampak jor-joran dan tanpa mengindahkan keberadaan tanah rawa, sawah, atau cekungan danau.

Baca Juga : Dampak Banjir di Jabodetabek, Klaim Asuransi Properti Meningkat

Peristiwa banjir yang sering melanda Jakarta seharusnya bisa menjadi pembelajaran bagi pemerintah dan pihak terkait lainnya untuk melakukan langkah pencegahan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo