Selesai Direkonstruksi, Peresmian Pasa Ateh di Bukittinggi Dilakukan Secara Virtual

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan (rekonstruksi) Pasa Ateh atau Pasar Atas di Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Untuk menandai selesainya rekonstruksi, peresmian dilakukan secara virtual oleh Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo bersama dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Walikota Bukittingi Ramlan Nurmatias.

Adapun rekonstruksi Pasa Ateh ini dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis serta tidak kumuh. Dengan begitu, kini warga Bukittingi dan pendatang bisa kembali menikmati pengalaman berbelanja di Pasa Ateh sekaligus berwisata di sana.

“Pasar merupakan ujung tombak aktivitas perdagangan dan sekaligus penggerak ekonomi rakyat. Pasa Ateh memiliki peranan yang penting bagi perekonomian masyarakat Kota Bukittinggi. Selain itu, Pasa Ateh juga memiliki nilai sejarah karena Bukittingi pernah menjadi Ibu Kota Sementara Republik Indonesia” kata Wempi.

Pasa Ateh ini didesain dengan konsep green building sehingga sirkulasi udara di dalam pasar menjadi lebih baik. Selain itu, karena tidak memerlukan pendingin ruangan, membuat gedung ini bisa lebih hemat energi. Pasa Ateh ini juga dibangun menggunakan material ramah lingkungan, pengelolaan limbah konstruksi yang baik serta konservasi air dan energi.

Adapun gedung ini dilengkapi dengan 835 kios baru yang siap diisi oleh pedagang. Perombakan besar-besaran ini dilakukan karena pada tahun 2017 lalu, Pasa Ateh sempat mengalami kebakaran yang hebat.

Pembangunan Pasa Ateh Kota Bukittingi ini dilaksanakan berdasarkan Perpres Nomor 64 Tahun 2018. Pelaksanaan pembangunan dimulai sejak Agustus 2018 dan selesai pada Desember 2019. Dilaksanakan dengan kontrak tahun jamak dengan metode rancang bangun.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi, Pengembang Properti Diminta Tingkatkan Transaksi Digital Bidang Perumahan

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya Kementerian PUPR atas dukungannya pada pembangunan kembali Pasa Ateh.

“Kami sudah hitung dengan Pak Wali (Walikota Bukittinggi) kalau pakai dana APBD provinsi dan kota, itu mungkin 10 tahun baru selesai dibangun, uang kita tidak cukup” kata Irwan.

Rekonstruksi Pasa Ateh terdiri dari 4 lantai dan 1 basement dengan luas total 39.720 meter persegi. Lantai dasar terdiri dari 257 kios, lantai 1 terdiri dari 278 kios, lantai 2 terdiri dari 276 kios, lantai 3 terdiri dari 24 kios dan area foodcourt. Selain itu terdapat juga fasilitas seperti area parkir, toilet umum dan toilet difabel, musholla, ruang ibu menyusui, lift, dan eskalator. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo