Strategi TOTO Indonesia Pasarkan Produk Di Tengah Lesunya Pasar Akibat Pandemi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Lesunya pasar penjualan dan pembelian akibat Pandemi Covid-19 membuat PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO) mencari cara dan strategi agar penjualannya terus berjalan. Dalam menghadapi kondisi pandemi saat ini, TOTO mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi efisiensi biaya produksi hingga menerapkan sisten “new normal” dalam aktivitas bisnis.

Selain itu, TOTO juga memfokuskan pemasaran pada kelas menengah ke bawah sebagai siasat dari melemahnya daya beli masyarakat dan ekspor yang menurun akibat pandemi. Perseroan juga akan fokus pada penghematan biaya untuk tetap bertahan.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Keramik Indonesia (Asaki), penurunan permintaan keramik sanitasi dirasakan sejak akhir 2017. Sebelumnya, produksi diserap pasar domestik sebesar 70 persen dan untuk ekspor sebesar 30 persen. Sekarang proporsi serapan lokal hanya sebesar 55 persen dan sisanya ekspor. Penurunan penyerapan ini diduga akibat dampak perlambatan di sektor properti.

Saat ini, TOTO Indonesia sedang memfokuskan pada produk sanitasi tanpa sentuh (touchless) untuk meningkatkan higienitas. Teknologi higienitas untuk sanitasi bukan barang mewah lagi.

“Fokus kami adalah terus menghadirkan teknologi higienitas dengan peralatan toilet yang tak perlu disentuh demi kebersihan, apalagi di masa pandemi ini” kata President Director PT Surya Toto Indonesia, Hanafi Armadiredja.

Bukan hanya itu, TOTO juga kini memproduksi produk dengan ukuran yang tak lagi besar, sesuai tren hunian yang semakin mengecil karna mahalnya harga lahan saat ini.

Dampak pandemi menjadi kendala bagi kinerja perseroan untuk bertumbuh pada tahun ini. TOTO memproyeksikan pendapatan dan laba bersih pada tahun ini akan sulit untuk bertumbuh. Hal ini lantaran diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menyebabkan operasional pabrik untuk sementara ditutup, dan produksi perseroan menurun tajam.

Baca Juga: Kembali Dibatasi, Begini Ketentuan Sektor Properti di Masa PSBB Jilid II

Di lain sisi, baru-baru ini kantor pusat TOTO Indonesia baru saja mendapatkan penghargaan BCI Asia Interior Design 2020. Prestasi tersebut sejalan dengan komitmen TOTO untuk menjadi yang terdepan dalam meningkatkan kesadaran dan kualitas sanitasi di Indonesia. Desain terinspirasi dari kejernihan air untuk menciptakan pengalaman yang mengingatkan peran air bersih. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo