Sudah Lapuk, Bangunan Empat Lantai di Slipi Jakarta Barat Runtuh

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sebuah gedung berlantai 4 di kawasan Slipi, Jakarta Barat (Jakbar), runtuh pada Senin, (6/1/2020) pukul 09.15 WIB. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pengecekan penyebab ambruknya gedung ini. Ada dugaan gedung mengalami kerapuhan hingga konstruksi tidak kuat menahan bangunan.

“Tidak aman dan sudah lapuk. Bangunan ini sudah kita lakukan penilaian, dan kita nyatakan tidak aman. Walaupun kita menggunakan alat penyanggah, tidak juga cukup aman untuk tim rescue” kata Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI Budi Purnama.

Empat mobil pemadam kebakaran langsung dikerahkan ke lokasi. Dalam proses evakuasi, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) DKI Jakarta menerjunkan mobil Bronto Skylift. Mobil ini diterjunkan guna memastikan ada tidaknya korban yang tertimpa gedung runtuh ini.

Ada 11 orang terdampak dari runtuhnya gedung ini. Delapan diantaranya dievakuasi dari dalam gedung. Budi juga menjelaskan, 3 korban evakuasi secara mandiri. Ketiganya mengalami luka-luka sementara 5 orang lainnya dievakuasi oleh petugas.

Runtuhnya bangunan gedung 4 lantai ini menggambarkan sebagian dari potret wajah bangunan gedung di Jakarta. Ini merupakan kasus kegagalan bangunan gedung dengan ketinggian menengah (mid rise building), selain kasus sejumlah bangunan gedung tinggi (high rise building) lainnya.

Baca Juga : Dua Bendungan Anti Banjir Direncanakan Selesai pada Akhir Tahun 2020

Namun demikian, perlu ada kajian mendalam apakah benar-benar gagal dalam proses desain, gagal dalam proses konstruksi atau gagal dalam proses operasional. Dari pengamatan visual yang dipilih dari berbagai sumber, bangunan gedung yang runtuh, dapat diindikasikan mengalami kegagalan administrasi proyek atau kegagalan teknis.

Dalam perspektif teknis, hal ini perlu dicermati. Apakah fungsi bengunan gedung saat ini sesuai dengan fungsi dalam desain awal? Jika ada perubahan fungsi harus disertai analisis pendukung yang valid. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo