Dua Bendungan Anti Banjir Direncanakan Selesai pada Akhir Tahun 2020

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo telah memberikan perintah kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur pencegah banjir di Jakarta. Oleh sebab itu, Kementerian PUPR akan menargetkan penyelesaian pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang berlokasi di Hulu Sungai Ciliwung, Keamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, pada akhir tahun 2020.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan pemerintah masih membebaskan lahan untuk pembangunan kedua bendungan tersebut. Sejauh ini, status pembebasan lahan sudah sekitar 90 persen.

“Kami meneruskan pembangunan bendungan yang dipercepat tahun ini bisa jadi, karena tanahnya sebagian besar sudah bebas. Sementara itu tingkat kemajuan pembangunan bendungan di Ciawi saat ini baru 44 persen dan Sukamahi 35 persen” kata Basuki.

Progres konstruksi bendungan lebih cepat dari rencana sebesar 38,9%. Pembangunannya saat ini meliputi pekerjaan bendungan utama, bangunan pelimpah, hidromekanikal, pembangunan fasilitas umum, clearing area lahan, dan bottom outlet.

Pembangunan bendungan merupakan bagian dari rencana induk atau masterplan pengendalian banjir Ibu Kota Jakarta sebagai bentuk komitmen Pemerintah Pusat untuk mengendalikan banjir mulai dari hulu hingga hilir.

Basuki menjelaskan, masterplan  pengendalian banjir Jakarta sudah ada sejak tahun 1973 oleh NEDECO Belanda, kemudian di-review oleh Jaica tahun 1997 dan 2007. Di sini ada Banjir Kanal Barat, Banjir Kanal Timur, kemudian normalisasi sungai Ciliwung dan sodetan antara Ciliwung ke Banjir Kanal Timur.

Baca Juga : Lippo Group Jual Pejaten Village dan Binjai Supermall Rp 1,3 T

Selain pembangunan bendungan, Kementerian PUPR juga akan melakukan pelebaran sungai. Hal ini dilakukan agar sungai bisa menampung air lebih banyak, dan risiko banjir bisa lebih ditekan.

Pelebaran sungai ini disebut juga sebagai normalisasi atau naturalisasi. Bedanya, normalisasi sungai artinya proses pembuatan dinding turap beton atau sheetpile pada sisi sungai, sedangkan naturalisasi menggunakan batu kali. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo