Pemerintah Indonesia dan Jepang Kembali Perpanjang Kerjasama Infrastruktur

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Jepang yang diwakili oleh Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) sepakat menandatangani perpanjangan kesepakatan kerja sama (Memorandum of Coorperation/MoC) on Infrastructure Development Cooperation yang berakhir pada 29 Desember 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri MLIT Akaba Kazuyoshi menandatangani kerja sama tersebut di Gedung Kementerian PUPR.

“Kerja sama yang kita kembangkan ini sesungguhnya merupakan penghubung antara rakyat Jepang dan rakyat Indonesia, sehingga meningkatkan kerja sama, friendship, people to people relationship dengan moto kerja bersama dan maju bersama” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kesepakatan kerja sama ini meliputi delapan lingkup eksisting, seperti pengelolaan sumber daya air (SDA), pengelolaan air limbah domestik, jalan dan jembatan, bangunan gedung, dan penyediaan perumahan.

Kemudian, pengembangan wilayah dan perkotaan, pengelolaan bencana, dan pengembangan kapasitas sumber manusia (SDM), serta dua lingkup tambahan baru seperti pembiayaan infrastruktur dan jasa konstruksi.

Baca Juga : Lelang Proyek Bandara Komodo Dimenangkan Konsorsium Cardig-Changi

Pertemuan Menteri Basuki dengan Menteri Akaba membahas beberapa hal, diantaranya water disaster management, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, jalan akses Pelabuhan Patimban, Jalan Tol Padang-Payakumbuh-Pekanbaru, dan partisipasi Jepang dalam pemindahan Ibu Kota Negara.

Dlaam penangangan bencana air, Pemerintah Indonesia dan Jepang sedang menjalin kerja sama dalam pencegahan bencana banjir dengan studi bendungan di Bendungan Kedungombo Kabupaten Grobokan dan Bendungan Sutami di Kabupaten Malang. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo