Jadi Menteri PUPR Lagi, Basuki Hadimuljono akan Kelola Anggaran Rp 120 Triliun

image

PropertiNews.id, Tangerang – Basuki Hadimuljono kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Tahun 2020 mendatang, Basuki akan mengelola dana APBN sebesar Rp 120,21 triliun. Alokasi anggaran tersebut menjadi yang terbesar kedua setelah Kementerian Pertahanan yang mencapai Rp 127,4 triliun.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur sumber daya air yang akan memperoleh pos tersebesar yakni Rp 43,97 triliun. Sementara untuk menunjag konektivitas anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 42,95 triliun.

Untuk pembenahan kawasan pemukiman dan perumahan, alokasi anggarannya masing-masing sebesar Rp 22 triliun dan Rp 8,48 triliun. Sisanya akan digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia Rp 525,2 miliar, pembinaan konstruksi Rp 725 miliar, pembiayaan infratruktur Rp 263,8 miliar dan dukungan manajemen, pengawasan serta pengembangan inovasi sebesar Rp 1,08 triliun.

Kementerian PUPR juga ditugaskan untuk mendukung pengembangan lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas dengan alokasi anggaran Rp 4,89 triliun.

Sedangkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur pendukung PON XX di Papua sebesar Rp 793 miliar dan infrastruktur pendidikan dan pasar sebesar Rp 6 triliun.

Baca Juga : Jokowi akan Resmikan Jembatan Terpanjang di Papua Sabtu Ini

Setelah dilantik, Basuki akan menjalankan 5 visi pasangan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Kabinet Indonesia Maju. Adapun kelima visi tersebut antara lain mempercepat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), undang investasi seluas-luasnya untuk membuka lapangan pekerjaan, reformasi birokrasi, serta penyerapan Anggaran pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang fokus dan tepat sasaran. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo