Jokowi Resmikan Infrastruktur Internet Berupa Palapa Ring atau “Tol Langit”

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran menteri Kabinet Kerja meresmikan pengoperasian Palapa Ring atau “Tol Langit” di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Proyek itu diyakini bakal memperbaiki konektivitas internet di berbagai wilayah Indonesia yang “on-off” sebelum kehadiran tol langit.

Palapa Ring ini merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36 ribu km. Palapa Ring ini akan mengitari 7 pulau di Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, tersambungnya proyek Palapa Ring atau “Tol langit” ini akan menghadirkan kualitas internet cepat bagi 514 kabupaten kota yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

“Jadi mulai saat ini, Agustus kemarin, dari 514 kabupaten kota, tidak ada yang tidak dihubungkan oleh jalan tol tadi” kata Rudiantara.

Rudiantara menjelaskan bahwa infrastruktur informasi dan komunikasi teknologi Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Thailand sampai dengan Malaysia.

Terkait tarif, ada dua tarif penggunaan Palapa Ring, yaitu tarif penyediaan kapasitas lebar pita atau bandwith dan tarif penyediaan kabel serat optik pasif atau dark fiber. Setiap pengguna jasa penyediaan kapasitas bandwith hanya dapat menggunakan maksimal sebesar 10 Gbps.

Baca Juga : Menteri Perhubungan Resmikan Bandara Letung di Kepulauan Anambas

Sekedar informasi, Palapa Ring sempat terancam hanya sekedar mimpi. Sebab, pembangunannya pernah mangkrak hampir satu dekade sejak diwacanakan pada 2007 lalu. Barulah pada 2015 bertekad merealisasikan proyek Palapa Ring. Menteri Komunikasi dan Informatika akhirnya memulai tender proyek Papala Ring yang dibagi menjadi tiga paket, yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo