Pemkot Bandar Lampung Berupaya Bangun Kotanya sebagai ‘Smart City’

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah Kota Bandar Lampung berupaya membangun smart city untuk mendorong pertumbuhan teknologi di daerah itu, terutama infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari.

Walikota Bandar Lampung, Herman HN mengtakan akan menindaklanjuti secara cepat dengan pihak-pihak terkait untuk menciptakan Kota Bandar Lampung sebagai smart city.

“Hasil pertemuan akan ditindaklanjuti segera, seperti dengan Bappeda, PM PTSP, BPPRD, Koperasi dan UKM Perdagangan dan lainnya. Kita buat MoU dulu, lihat sosialisasinya, biar sama-sama menguntungkan. Yang pertama kita akan melakukan pembenahan kabel-kabel optik ini harus ditanam di tanah semua” kata Herman.

Sementara Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi, Rahmad Wijaya mengatakan Bandar Lampung harus menjadi kota pertama yang mengimplementasikan konsep kota pintar atau smart city. Untuk menjadi yang pertama menyandang label smart city, pemerintah daerah harus menyadari pentingnya pembangunan saluran kabel bawah tanah (ducting) bagi infrastruktur telekomunikasi.

“Tahap awal agar suatu kota bisa mencapai smart city, yakni pertama infrastruktur harus rapi dulu. Kota Bandar Lampung sudah indah, Provinsi Lampung sudah ada tol. Maka, kota di Lampung ini harus bikin infrastruktur ducting, untuk semua kabel fiber optik. Jadi kita harus membuat Bandar Lampung 100  persen fiber optik” kata Rahmad.

Baca Juga : Pemerintah akan Gelar Sayembara Desain Ibu Kota Baru Baru RI

Rahmad juga menambahkan, lebih dari itu kota Bandar Lampung memiliki keindahan dan tata kota yang baik, mewah dan modern. Meski begitu, saat ini pemkot Bandar Lampung belum bisa menentukan kapan rencana tersebut mulai dikerjakan, karena masih dalam pertimbangan.

Smart city atau kota cerdas kini menjadi salah satu program yang pantas dijual. Sebab, smart city menawarkan layanan pemerintah dengan memaksimalkan teknologi informasi, sehingga akan memberi ruang transparasi dalam layanan publik. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo