Siap-Siap! Pemerintah akan Gelar Sayembara Desain Ibu Kota Baru

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah dalam waktu dekat akan menggelar sayembara mendesain ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Sayembara ini nantinya akan dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu dalam negeri dan internasional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, desain ibu kota baru yang selama ini telah beredar di masyarakat bukanlah desain final.

Desain tersebut hanyalah gambaran atas sejumlah kriteria yang diinginkan oleh pemerintah dalam merencana dan membangun kota baru, dengan mengusung konsep smart dan green city.

Nantinya para juri yang akan menilai hasil sayembara akan memutuskan term of reference (TOR) atas kriteria desain yang harus diikuti oleh setiap peserta, berdasarkan konsep dasar yang telah ada.

“Rencana desain ibu kota sudah kami siapkan dan kemarin sudah saya laporkan ke Presiden tahapannya. Kami harus transparan untuk semua bisa berkontribusi, karena ini ibu kota negara. Tidak bisa tertutup pada orang maupun company untuk mendesain” kata Basuki.

Basuki juga menambahkan, sayembara ini akan dimulai tingkat nasional. Jadi semua orang boleh ikut, mungkin sampai ratusan orang. Kelak dipilih tiga pemenang untuk kemudian dikembangkan dan disayembarakan lagi di level internasional.

“Di level internasional tidak bebas menentukan desainnya, karena basisnya dari yang ketiga tersebut. Dan dari sayembara internasional itu dicari mana yang bisa improve lebih baik dan mudah-mudahan hasil dari itu akan lebih baik” tambah Basuki.

Baca Juga : Nama BJ Habibie Diabadikan Sebagai Nama Jembatan di Timor Leste

Untuk tahap awal ini, pemerintah tengah mencari juri yang akan terdiri atas 7-9 orang dari berbagai latar belakang berbeda, mulai dari unsur pemerintah, praktisi, hingga akademisi. Setelah itu kriteria sayembara desain ibu kota baru akan dimatangkan oleh para dewan juri tersebut untuk mendapatkan hasil atau gambaran yang lebih komprehensif. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo