Jokowi akan Resmikan Jembatan Terpanjang di Papua Sabtu Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan Jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua. Jembatan ini merupakan jembatan kebanggaan Jokowi dan merupakan jembatan terpanjang di Papua. Peresmian tersebut sekaligus dalam rangka kungjungan kerja Presiden ke Papua.

“Katanya Sabtu (diresmikan Presiden), Dirjen kami sudah kesana, ya itu memang Presiden yang ke sana” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Basuki menambahkan, selain meresmikan Jembatan Holtekamp, Presiden Jokowi memiliki kegiatan lainnya di Papua. Seperti melakukan kunjungan pasca kerusuhan di Jayapura dan Wamena.

“Ada (kegiatan lain), pasti melihat yang sedang dilaksanakan setelah kerusuhan di Jayapura, Wamena, itu fixed jadwalnya rutenya belum dapat” lanjut Basuki.

Sebagai informasi, Jembatan Holtekamp yang masuk dalam mega proyek infrastruktur ini merupakan komponen penting dari jaringan jalan Trans Papua. Pembangunan jembatan ini sudah dimulai sejak 9 mei 2015 lalu dengan nama resmi Jembayan Layang Hamadi-Holtekamp.

Baca Juga : Tetap Menjabat Sebagai Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil Lanjutkan Program Kerja

Jembatan dengan panjang total 733 meter ini menghubungkan daerah Hamadi di Distrik Jayapura Selatan yang berada di sisi barat jembatan dan daerah Holtekamp di Distrik Muara Tami di sisi timur jembatan.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan, sebelumnya jembatan Holtekamp ini belum bisa diresmikan oleh Jokowi karena persoalan lahan di bagian jalan akses.

“Iya (Holtekamp belum bisa diresmikan), karena masalah tanah. Holtekamp itu kan ada bentang utama, ada jalan pendekat, dan jalan akses. Kalau fisiknya sudah selesai. Bentang utama, jalan pendekatnya sudah, yang belum itu akses” kata Endra.

Keberadaan jembatan ini nantinya bisa mempersingkat waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Skow, Distrik Muara Tami yang merupakan perbatasan RI-Papua Nugini. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo