Jokowi akan Bangun Istana Kepresidenan di Papua

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo menyatakan keinginannya untuk membangun istana negara atau istana kepresidenan di Jayapura, Papua pada tahun 2020. Janji itu disampaikan Jokowi saat menerima sejumlah tokoh Papua dan Papua Barat, di Istana Negara, Jakarta.

Awalnya perwakilan tokoh Papua yang juga Ketua DPRD Jayapura, Abisai Rollo menyampaikan permintaan agar pemerintah membangun Istana Kepresidenan di Papua. Dengan begitu, saat mengunjungi Papua, Jokowi bisa sekaligus berkantor di Jayapura. Abisai juga menyampaikan akan menyumbangkan lahan seluas 10 hektare kepada negara untuk dibangun Istana Presiden.

“Kalau Bapak Presiden dengan kebijakan memindahkan ibu kota ke Kalimantan, maka saya minta dengan hormat untuk bangun Istana Presiden di Papua. Sehingga Bapak Presiden dalam lima tahun ini jadi Presiden pertama yang berkantor di Istana Presiden Papua” kata Abisai.

Setelah memastikan ketersediaan tanah itu, Jokowi langsung bicara dengan Menteri Sekretaris Negara Praktikno serta Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto yang ada di sampingnya. Setelah itu Jokowi pun memastikan permintaan untuk membangun Istana di Jayapura dapat dipenuhi.

Baca Juga : MRT Hingga Jalan Trans Papua, Warisan BJ Habibie di Bidang Infrastruktur

Sementara itu, menanggapi rencana pembangunan istana kepresidenan di Papua, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro memastikan akan segera menindaklanjuti arahan Jokowi.

“Ya sesuai kebutuhan saja, kan cuma bikin istana, tapi detailnya saya tidak tahu. Kalau bangun istana nanti ya dibangun tak masalah” kata Bambang.

Bambang juga menyatakan, untuk kebutuhan dana dia mengaku belum dapat memastikannya lantaran harus mengkaji terlebih dahulu. Namun anggaran tetap bisa disiapkan untuk 2020. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo