Korea Selatan Berikan Saran Ke Indonesia Terkait Pemindahan Ibu Kota Baru ke Kalimantan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Saat Indonesia masih dalam rencana untuk memindahkan ibu kota, Korea Selatan (Korsel) sudah menjalankannya. Saat ini Korsel sedang bertahap memindahkan ibu kota dari Seoul ke Sejong.

Bermodalkan pengalaman tersebut, Korea Selatan pun memberikan beberapa saran ke Indonesa dalam pemindahan ibu kota. Peneliti Korea Institute of Construction Technology (KICT) Chang Soo-Ho mengatakan, transportasi menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam memindahkan ibu kota. Konektivitas harus menjadi poin utama dalam memindahkan ibu kota.

“Yang terutama itu transportasi, harus dipikirkan bagaimana sambung ibu kota baru. Kita di Korea pun masih memikirkan cara hubungan Seoul ke Sejong. Lalu pemindahan rumah-rumah, itu harus disiapkan dulu semuanya. Baru petugas-petugas pemerintah itu dipindahkan” kata Chang.

Chang juga mengingatkan jika ingin memindahkan ibu kota, harus terlebih dahulu mengantongi persetujuan dan izin masyarakat sekitar lokasi.

Sejak 2012, Pemerintah Korea Selatan telah merelokasi banyak Kementerian dan Lembaga ke Sejong, namun banyak yang masih berada di kota-kota lain terutama di Seoul, di mana Majelis Nasional, Kantor Presiden, dan Banyak badan pemerintah penting tetap bertahan.

Baca Juga : Menhub : Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya akan Beroperasi pada 2024

Selain itu, pemerintah juga merelokasi beberapa BUMN dan fasilitas publik ke kota-kota berskala kecil dan menengah untuk meningkatkan kapasitas kota-kota tersebut. Persamaan pandangan itulah yang melatarbelakangi Korsel mendukung rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Jika rencana ini benar-benar direalisasikan, Kalimantan akan lebih berkembang dan masyarakat sejahtera. Selain itu dengan deain yang baik, Kalimantan akan menjadi kota pintar dan hijau. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo