Ibu Kota Baru Gunakan Tanah yang Dikuasai Konglomerat Sukanto Tanoto

image

PropertiNews.id, Tangerang – Lahan yang digunakan untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur sebagian besar dimiliki salah satu pengusaha terkaya di Indonesia yaitu Sukanto Tanoto dalam bentuk hutan tanaman industri (HTI) yang sewaktu-waktu bisa diambil kembali oleh pemerintah.

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, MS Hidayat mengatakan informasi tersebut ia dapatkan dari dua Menteri Kabinet Kerja yang menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Kadin Indonesia. Meskipun begitu, dirinya enggan menyebutkan siapa kedua Menteri yang dimaksud.

“Saya baru tadi diberitahui resmi bahwa tanah itu sebagian besar tanah HTI miliknya Sukanto Tanoto. HTI yang setiap saat diambil kembali oleh pemerintah, itu statement kedua Menteri kepada saya”  kata Hidayat.

Hidayat juga menambahkan, masalah lahan sudah tidak lagi menjadi consern dalam pemindahan ibu kota ini. Tinggal bagaimana persiapan pemerintah untuk segera menyelesaikan masterplan pembangunan ibu kota baru ini agar target penyelesaian di 2024 bisa tercapai.

Ditempat lain, Menteri Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro membenarkan adanya penguasaan lahan Sukanto Tanoto di ibu kota baru. Penguasaan lahan ibu kota baru itu melalui PT ITCI dimana Tanoto merupakan pemegang sahamnya.

“PT ITCI miliki Tanoto sebagai pemegang konsensi HTI termasuk yang 6.000 ha. Luasnya cek KLHK. HTI itu konsensi bukan kepemilikan, dan dapat diambil setiap saat oleh pemerintah untuk kepentingan nasional. Eksekusi oleh KLHK” kata Bambang.

Penguasaan lahan Tanoto menjangkau 6.000 ha lahan yang bakal dibangun untuk tahap pertama ibu kota.

Baca Juga : Pengusaha Keluhkan Lesunya Sektor Properti Saat Ini

Sukanto Tanoto sendiri merupakan pemilik bisnis Royal Golden Eagle (RGE) yang bergerak di bisnis manufaktur pulp dan kertas lewat sia Pacific Resources International Holding Ltd. dan Asia Symbol, minyak kelapa sawit melalui Asian Agri dan Apikal, rayon dan pulp khusus melalui Sateri International dan APR dan bidang energi lewat usahanya Pacific Oil & Gas. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo