Danai Pemindahan Ibu Kota, Pemerintah Gunakan Aset di Jakarta

image

PropertiNews.id, Tangerang – Badan Pembangunan dan Perencanaan Nasional (Bappenas/PPN) menyatakan, pemerintah tercatat memiliki valuasi aset fisik senilai Rp.1.123 triliun di wilayah DKI Jakarta. Aset tersebut akan digunakan pemerintah untuk menghasilkan modal demi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Valuasi aset tersebut berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan. Namun, Valuasi aset di Jakarta masih di audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Revaluasi aset di Jakarta, dari hitungan Dirjen Kekayaan Negara sementara di atas Rp.1.100 trilun. Separuh dari aset itu sekitar Rp.500 triliun-Rp.600 triliun bisa dioptimalkan untuk dikerjasamakan dalam kerja sama pengelolaan aset” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Bambang menjelaskan, aset tersebut berupa gedung fisik maupun tanah yang dimiliki pemerintah di Jakarta, mulai dari gedung pusat pemerintahan seperti gedung kementerian, komplek DPR-MPR, hingga rumah dinas para pejabat negara.

Aset-aset tersebut nantinya akan dikerjasamakan dengan pihak swasta dalam pengelolaannya. Hasil dari pengelolaan aset, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan pendanaan dari APBN yang dialokasikan sebesar Rp.89,4 triliun.

Baca Juga : Jokowi : Pengembang Harus Percepat Pembangunan Rumah PNS

Sebagai informasi, dari total kebutuhan pendanaan sebesar Rp 466 triliun, sebanyak Rp 123,2 triliun diharapkan datang dari investor swasta dan BUMN, Rp 253,4 triliun lewat Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), serta Rp 89,4 triliun dari APBN. Pengelolaan aset ditempuh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pendanaan dari APBN agar tidak menganggu kinerja keuangan. Terutama, uang negara yang diperoleh dari penerimaan pajak. Bambang lagi-lagi menegaskan bahwa pemerintah akan membangun pusat pemerintahan tanpa menganggu sumber-sumber pendapatan utama dalam APBN setiap tahunnya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo