Dapat Anggaran Terbesar, Kementerian PUPR Baru Serap Sebesar 48,5%

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementrian Keuangan (Kemenkeu) mengungkap penyerapan anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru mencapai 48,5 persen per September 2019. Padahal Kementerian PUPR mendapatkan alokasi anggaran tersebesar yakni Rp110,7 triliun dalam APBN 2019.

“Dari sisi jumlah penyerapan hingga akhir September, PUPR yang memiliki anggaran terbesar masih belum menyelesaikan 50 persen dari anggarannya” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menambahkan, penyerapan itu lebih rendah dari periode yang sama di dua tahun sebelumnya, yang mampu menyerap lebih dari 50% alokasi dalam APBN. Adapun serapan Kementerian PUPR di tahun ini karena adanya proyek pembangunan yang memang berlanjut ke tahun-tahun selanjutnya.

Sementara itu, Kementerian PUPR mengemukakan bahwa kecepatan penyerapan anggaran tahun ini lebih lambat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perubahan organisasi dalam pengadaan barang dan jasa menjadi salah satu penyebab.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, mulai tahun ini proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan kementeriannya dilakukan oleh Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) yang terbesar di 34 provinsi. Sebelumnya, pengadaan dilakukan melalui tiap-tiap unit organisasi.

“Kami kan ada perubahan organisasi di awal (tahun). Kecepatannya memang berkurang, tapi sekarang sudah kontrak semua jadi target (penyerapan anggaran) kami (sampai akhir 2019) bisa 90 persen” kata Basuki.

Sepanjang 2019, Kementerian PUPR dipercaya untuk menggunakan anggaran sebanyak Rp110.73 triliun. Sebanyak 78 persen atau setara Rp89,30 triliun merupakan anggaran kontraktual.

Baca Juga : Tahun Depan, BRI Ajukan Penyaluran KPR Subsidi Sebanyak 10.000 Unit

Sebagai informasi, terdapat 9 Kementerian/Lembaga lainnya yang memiliki anggaran besar, tingkat serapannya hingga akhir September 2019. Adapun penyerapan tertinggi yakni oleh Kementerian Sosial yang serapannya mencapai 83,3 persen dari anggaran yang didapatkan sebesar Rp58,9 triliun dari APBN 2019. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo