Pembangunan Tol Probowangi Tak Gunakan APBN, Jasa Marga-China Patungan Dana

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT China Communications Construction Indonesia (CCCI) siap memberikan pembiayaan untuk Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi). Pembiayaan ini dengan skema Pembiyaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah (PINA) yang diiniasiasi oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN). Nantinya akan ada Rp 23,3 triliun dana patungan dari China yang akan dikerjasamakan dengan PT Jasa Marga.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, investasi dilakukan dengan kerja sama pembiayaan ekuitas langsung (direct equity financing) antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT China Communications Directions Construction Indonesia.

“Kita akan saksiskan head of agremeent, ini akan jadi perjanjian kerja sama CCCI dengan Jasa Marga mau lakukan finasilaisasi ke Probolinggo Banyuwangi. Kita baru sambung ke Jakarta Surabaya” kata Bambang.

Ke depan, Bambang menekankan pemerintah akan terus menjaring berbagai komitmen investasi dari berbagai pihak, baik investor domestik maupun asing melalui PINA guna mendukung pembangungan infrastruktur.

“Kami akan menjaring investor-investor potensial luar negeri dengan melakukan berbagai aktivitas roadshow” lanjutnya.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Infrastruktur Internet Berupa Palapa Ring atau "Tol Langit"

Sebelumnya, pemerintah melalui PINA berhasil mendapatkan investai berbentuk instrumen perpetual notes. Instrumen investasi ini dikeluarkan oleh PT PP (Persero) Tbk pada 2017 dan Wijaya Karya pada 2018.

Sementara per akhir 2018, PINA yang sudah beroperasi sejak pertengahan 2017 sudah berhasil menggalang komitmen investasi sebesar US$3,3 miliar atau setara Rp47 triliun. Investasi itu mengalir ke 11 proyek jalan tol, energi terbarukan, perkebunan, serat optik, dan bandara. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo