Cara Pintar Membeli Rumah Untuk Investasi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Rumah merupakan salah satu aset yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjadi salah satu tempat untuk mengalokasikan uang yang menguntungkan.

Dengan rumah, anda bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus yaitu pendapatan sewa dan capital gain. Namun, agar bisa mendapatkan 2 manfaat tersebut secara optimal, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan menentukan rumah yang akan dibeli.

Namun, sama seperti jenis investasi lainnya, anda harus memahami seluk beluk dunia properti sebelum siap menyelam dengan modal ratusan juta rupiah. Inilah taktik cerdas dari kami untuk anda yang ingin investasi rumah.

Pastikan Rumah Tepat untuk Anda

Apakah Anda cukup sigap dalam memperbaiki kerusakan bangunan, mulai dari toilet mampet, talang air rusak, atau dinding berjamur? Pemilik properti yang punya satu atau dua rumah biasanya mengerjakan sendiri kerusakan yang terjadi pada bangunan.

Tujuannya tentu untuk menghemat biaya. Dan jika Anda tidak suka atau tidak memiliki kemampuan mengerjakannya sendiri, mungkin ini bukanlah jenis investasi yang tepat untuk Anda.

Pertimbangkan Keuangan yang Dimiliki

Tujuan utama pembelian rumah yang anda lakukan adalah untuk membuat keuangan menjadi lebih sehat dengan adanya aliran penghasilan dari rumah yang disewakan.Namun, mempertimbangkan masalah keuangan menjadi hal yang sangat penting saat akan menentukan pembelian rumah.

Baca Juga : Tips Memulai Investasi Kos-Kosan Agar Menguntungkan

Harga rumah yang akan dibeli akan menentukan berapa DP minimal yang harus dibayarkan dan berapa cicilan yang perlu dibayarkan secara rutin setiap bulan. Jangan sampai cicilan yang dikeluarkan setiap bulan memberatkan kondisi keuangan Anda saat ini. Jumlah cicilan ideal yang bisa diambil sekitar 30% dari total penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulan.

Mempertimbangkan Metode Pembiayaan Lain

Daripada anda meminjam uang di bank untuk membeli sebuah properti, sebaiknya pertimbangkan untuk meminjam uang dari teman atau keluarga. Pilihan pembiayaan seperti ini tentu saja ada untung dan rugi yang harus dipertimbangkan dengan matang.

Keuntungannya anda tidak perlu membayar pinjaman dengan beban bunga yang tinggi, sedangkan kerugiannya adalah hubungan Anda bisa rusak dengan teman dan keluarga, saat tidak bisa membayarkan hutang tersebut tepat waktu.

Tentukan Lokasi Rumah

Jika anda bertujuan bahwa rumah yang akan dibeli untuk investasi di masa depan, maka penentuan lokasi dan jenis rumah menjadi langkah penting selanjutnya. Lokasi yang buruk dan tidak strategis akan sulit menarik penyewa untuk menggunakannya dan juga perkembangan nilainya bisa lambat dari rata-rata harga properti.

Pertimbangkan faktor fasilitas yang ada di sekitar lokasi, sarana transportasi, fasilitas publik, dan lokasi yang strategis.  Jika anda membidik para wisatawan sebagai penyewa rumah, sebaiknya pilih lokasi properti yang berdekatan dengan berbagai tempat wisata di sekitar.  Atau jika anda membidik pekerja dari luar kota, lokasi bisa dipilih berdekatan dengan pusat bisnis yang strategis.

Perhitungkan Margin Keuntungan

Siapkan biaya perawatan sekitar 1% dari harga properti setiap tahunnya. Ongkos lainnya seperti asuransi, pajak dan perawaran taman juga bisa dimasukkan ke dalam daftar perhitungan.

Jangan Membeli Rumah Tua

Mungkin membeli rumah tua dan merenovasinya cukup menggiurkan untuk anda. Akan tetapi, jika belum berpengalaman bisa-bisa anda malah mengalami kerugian. Kecualli jika anda memiliki kenalan jasa kontraktor berkualitas dengan ongkos jasanya yang cukup terjangkau.

Siapkan Diri Anda untuk Menyewakan Rumah Tersebut

Hal yang perlu dipertimbangkan pada fase ini adalah mulai menentukan berapa biaya sewa yang akan dipatok setiap bulannya. Biaya sewa dipatok berdasarkan fasilitas yang anda berikan kepada penyewa, lokasi properti yang dimiliki, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tips Membangun Rumah Sendiri dengan Dana Terbatas

Jangan sampai biaya sewa yang anda tetapkan tidak mampu menutup biaya yang perlu dikeluarkan untuk sebuah properti tersebut. Terapkan juga beberapa aturan untuk para penyewa rumah agar anda bisa meminta mereka mempertanggungjawabkan kesalahan yang dilanggar. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo