Tips Membangun Rumah Sendiri dengan Dana Terbatas

image

PropertiNews.id, Tangerang – Meskipun banyak perumahan siap huni yang dijual oleh pengembang, masih banyak orang yang memiliki keinginan untuk membangun rumahnya sendiri. Alasan yang paling sering ditemui adalah kebebasan dalam mendesain rumah sesuai selera dan kebutuhan.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah sendiri. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai bahan hingga jasa untuk membangun rumah. Hal ini tentu saja tidak selalu mudah. Tanpa riset yang cukup, keinginan awal untuk berhemat bisa jadi malah mengharuskan Anda untuk mengeluarkan dana lebih banyak dari yang direncanakan.

Selain dana, Anda juga perlu memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah Anda sendiri. Simak tips berikut untuk membangun Anda membangun rumah idaman yang bagus dengan biaya yang murah.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Dengan Tema Industrial

1.       Perencanaan Pembangunan

Perencanaan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam membangun rumah idaman Anda. Rencanakan dana yang tersedia, ukuran bangunan, hingga waktu pembangunan. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat memperkirakan dan mengendalikan kemungkinan-kemungkinan situasi yang terjadi selama proses pembangunan.

Implementasi yang melenceng dari perencanaan dapat berimbas pada pembengkakan dana yang harus dikeluarkan. Sebagai contoh, Anda berencana untuk membeli sejumlah bata merah, namun pada kenyataanya batu bata yang Anda beli memiliki kualitas buruk sehingga banyak yang rusak. Hal ini tentu akan menambah biaya Anda untuk membeli batu bata yang lain.

Dari segi waktu, pembangunan yang tidak selesai tepat waktu juga akan menambah biaya jasa pengerjaan. Anda harus lebih selektif dalam memilih tukang sehingga pembangunan rumah sesuai dengan perencanaan Anda.

2.       Riset Harga Bahan Bangunan

Dalam perencanaan, Anda tentu perlu mengetahui harga bahan bangunan yang dibutuhkan, seperti harga semen, pasir, batu bata, dan lain sebagainya. Lakukan perbandingan harga antar toko bangunan untuk menemukan toko yang menjual harga bangunan dengan harga yang murah dan berkualitas baik.

Harga bahan bangunan merupakan faktor penentu dari perencanaan Anda. Ingat bahwa tidak semua toko menjual bahan bangunan dengan harga yang sama. Proses membandingkan harga tentu dapat melelahkan, namun Anda dapat menghemat uang Anda dengan melakukan hal ini.

Baca Juga: Cermati Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

3.       Desain Rumah Minimalis

Bentuk bangunan tentu berpengaruh pada waktu pengerjaan dan bahan bangunan yang dibutuhkan. Tentukan bentuk bangunan rumah Anda. Sebuah rumah dengan bentuk sederhana seperti persegi panjang akan lebih hemat dari segi biaya dan lebih mudah dibangun. Rumah dengan bentuk rumit seperti arsitektur Mediterrania yang memiliki banyak lekukan tentu akan lebih sulit untuk dibangun dan akan memakan lebih banyak biaya. Rumah dengan banyak lengkunan juga memiliki resiko dibangun menjadi bentuk yang kurang sempurna. Sehingga hal ini akan menyita lebih banyak waktu dan biaya untuk melakukan perombakan.

Anda dapat mendesain rumah Anda dengan tipe minimalis. Rumah minimalis menjadi tren pada hari ini, baik rumah yang dibangun oleh pengembang maupun yang dibangun sendiri. Rumah tipe ini memiliki kesan elegan, modern, dan dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan.

Jika Anda berencana untuk membangun rumah dengan desain minimalis, Anda dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Desain minimalis didesain untuk menghemat ruang sehingga tidak membutuhkan bahan bangunan sebanyak desain rumah lainnya. Terlebih, Anda tidak perlu menyewa jasa arsitek untuk dapat membangun rumah minimalis, dengan mempelajari desain minimalis di internet, Anda dapat merencanakan desain rumah idaman Anda sendiri. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo