Buat Rumah Mungil Anda Lebih Cantik dengan Desain Interior Minimalis

image

PropertiNews.id, Tangerang - Memiliki rumah tentu saja menjadi mimpi bagi banyak orang. Di perkotaan seperti Jakarta, harga rumah tentu saja makin hari kian melambung tinggi. Harga sebidang tanah menjadi problematika yang mempengaruhi harga jual rumah. Bagi sebagian orang, memiliki rumah yang berukuran mungil sudah menjadi kebahagiaan tersendiri.

Kenyamanan tidak selalu berbanding lurus dengan ukuran. Sebuah rumah berukuran mungil dapat menjadi rumah yang nyaman sekaligus indah dengan penanganan yang tepat. Rumah dapat terasa lebih luas dengan desain interior yang tepat sasaran.

Salah satu desain interior yang paling tepat digunakan untuk hal ini adalah desain interior rumah minimalis. Dengan gaya minimalis, Anda dapat membuat rumah terasa lapang. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah dengan gaya minimalis.

1.       Cat Dinding dengan Warna Netral

Dalam desain interior, warna dapat mempengaruhi persepsi terhadap luas suatu ruang. Untuk membuat ruangan di rumah terasa lebih luas, Anda dapat menggunakan warna dasar yang netral. Gunakan warna lembut sepert warna pastel.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan furnitur dengan warna yang sesuai dan tidak terlalu kontras dengan warna dasar dinding. Pilihan warna lembut akan meninggalkan kesan minimalis dan furnitur yang tidak terlalu kontras dengan warna dinding akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

2.       Furnitur yang Tepat

Untuk rumah berukuran kecil, pemilihan funitur yang dilakukan dengan lebih hati-hati. Anda pasti tidak ingin ruang makan jadi terlihat sangat sempit karena meja makan yang terlalu besar. Untuk tips membeli furnitur, Anda harus mempertimbangkan luas ruang yang tersedia, dan ukuran furnitur yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan nilai estetika dari furnitur yang ingin dibeli agar sesuai dengan gaya desain minimalis.

Anda juga dapat membeli furnitur multifungsi untuk dapat memaksimalkan ruang. Sebagai contoh, kursi dudukan yang memiliki ruang penyimpanan akan cocok digunakan di ruang keluarga. Untuk kamar tidur, hindari penempatan barang berlebih. Anda dapat mengisi kamar tidur Anda hanya dengan dua perabot wajib, yaitu kasur dan lemari. Jika memungkinkan, Anda dapat menambahkan meja kerja atau meja rias. Dengan jumlah furnitur yang sedikit, menjaga kebersihan ruangan juga akan lebih mudah dilakukan.

3.       Tekstur yang Beragam

Untuk membuat rumah Anda menjadi lebih luas, hindari penggunaan dekorasi yang menggunakan satu bahan. Selain membuat ruangan terlihat lebih sempit, hal ini dapat membuat ruangan menjadi terasa datar.

Anda dapat menambahkan ornamen kayu untuk rak dan tambahan tekstur karpet untuk lantai. Hal ini akan meninggalkan kesan ruangan yang memiliki lebih dari satu tekstur. Perlu diingat bahwa terlalu banyak tekstur dapat menanggalkan gaya minimalis yang ingin dibangun.

4.       Upayakan Pencahayaan Alami

Penerangan dapat menjadi elemen penting dalam desain rumah minimalis. Penerangan yang baik akan membuat rumah terasa lebih hidup dan nyaman. Gunakan jendela besar untuk memaksimalkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat menambahkan atap transparan pada satu bagian dapur sehingga cahaya dapat masuk pada siang hari.

Selain itu, mengubah tata letak lampu juga dapat menjadi alternatif pencahayaan yang baik. Hindari untuk menggunakan penerangan yang redup karena hal ini dapat membuat rumah Anda terlihat tua. Anda juga dapat membeli standing lamp atau lampu meja jika perombakan tata letak lampu sulit dilakukan. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo