6 Tips Desain Interior Rumah yang Wajib Kamu Ketahui

image

PropertiNews.id, Tangerang - Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk membuat rumah mereka cantik dari segi desain dan nyaman untuk ditempati. Salah satu cara untuk menjadikan tampilan rumah seperti yang kita inginkan adalah dengan mendesainnya sedemikian rupa. Seringnya, desain interior menyesuaikan sifat pribadi tiap pemilik rumah. Jika Anda sedang mencari ide desain, maka Kamu harus membaca 50 tips desain interior rumah ini.

Ada banyak sekali ide untuk mendesain rumah sesuai yang kamu inginkan. Namun tak jarang orang mendesain rumah mereka dengan asal. Dengan tips berikut, kamu tidak akan lagi mendesain ruang di dalam rumahmu denga nasal. Ruang di rumahmu akan cantik secara desain dan pastinya nyaman untuk ditempati.

1. Tentukan Konsep

Hal paling penting sebelum mencari ide desain interior rumah adalah kamu harus menentukan konsep yang ingin kamu pakai. Konsep ini penting untuk ditentukan di awal agar desain yang kamu hasilkan, meski tanpa melalui tenaga professional, akan tetap terlihat berkelas. akan tetap terlihat berkelas.

Kamu bisa menentukan apakah akan membuat ruang kerja yang minimalis, bergaya moderen, atau lainnya. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menentukan konsep. Dikhawatirkan ketika kamu bosan atau konsep yang kamu gunakan itu sudah out of date, ruangan malah kurang nyaman untuk ditempati. Kamu juga bisa memulai dari menentukan warna yang akan kamu gunakan di ruang kerjamu. 

2. Gunakan Warna Netral

Menentukan warna untuk interior rumah penting untuk dilakukan. Dengan pemilihan warna tertentu, berarti kamu juga menentukan ruang tersebut untuk terlihat elegan, cantik, atau menenangkan. Untuk warna ruangan lebih baik gunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan juga krem. Atau jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru, gunakan warna hitam yang lembut. Saat ini semakin ramai desain interior yang menerapkan warna hitam sebagai warna utama.
Setelah itu barulah padu padankan beberapa furnitur dengan warna tembok yang sudah kamu pilih. Misalkan jika kamu memilih putih sebagai warna yang akan kamu gunakan dalam ruangan, maka kamu bisa pilih beberapa furniture berwarna putih juga untuk memberikan kesan minimalis. Jika kamu ingin menampilkan suasana fun maka kamu bisa pilih beberapa warna cerah seperti kuning dan biru, dan satukan dalam satu ruang yang sama.

3. Manfaatkan Cahaya Alami

Jika kamu memiliki jendela, baik itu di kamar ataupun di ruang lain, jangan tutup jendela tersebut dengan lemari ataupun benda lain. Cahaya alami sangat penting dalam banyak hal. Selain untuk kesehatan, cahaya alami juga bisa membuat kamu hemat energi listrik.

Dengan membiarkan cahaya alami masuk ke dalam rumah, kamu tidak perlu menyalakan lampu di siang hari. Selama cahaya matahari masih bersinar, maka ruang di dalam rumah kamu juga akan mendapat cahaya yang terang. Kamu bisa menghemat pengeluaran listrik.

4. Berikan Sentuhan Alami

Memberikan sentuhan alami dalam rumah bisa kamu terapkan dalam membuat desain interior rumah. Letakan beberapa tanaman dalam pot kecil di sudut ruangan. Ini akan memberikan kesan ruang yang hidup. Ditambah lagi saat ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup semakin tinggi. Maka kamu juga bisa menjadi bagian dari gerakan penghijauan secara tidak langsung.

Pilih beberapa tanaman yang memiliki manfaat membersihkan udara. Seperti misalnya tanaman Lidah Mertua yang bisa membersihkan sirkulasi udara di malam hari. Coba letakan beberapa pot tanaman di dapur, kamar mandi, kamar tidur, dan juga tempat kerja jika kamu memiliki tempat kerja di dalam rumah.

5. Sesuaikan Furnitur Dengan Ruangan

Menyesuaikan furniture dengan ruangan yang kamu miliki berdampak pada fungsi ruang yang bisa kamu manfaatkan dengan maksimal. Jika kamu memiliki ruang kamar yang tidak terlalu besar, maka kamu bisa coba gunakan ranjang dengan ukuran yang tidak terlalu besar juga. Setelah itu gunakan lemari baju dengan konsep open closet agar ruangan tidak terkesan penuh.

6. Coba Open Plan Design

Open Plan Design adalah memadukan beberapa ruang menjadi satu. Misalkan menyatukan living room dengan ruang makan dan dapur, atau kamar tidur denagn kamar mandi. Biasanya open plan design hanya memanfaatkan sekat tipis di antara ruangan. Sekat tersebut bisa berupa rak tinggi, lemari, atau lainnya. Bahkan bisa juga tidak memakai sekat sama sekali.

Open plan banyak diminati karena bisa menjadikan rumah mungil menjadi terlihat luas. Selain itu, open plan juga mampu mengurangi penggunaan ruang yang tidak dibutuhkan. Seperti misalkan saat ini lebih banyak orang yang makan sambil menonton tv, maka tidak diperlukan lagi ruang tv yang terpisah dengan ruang makan. Sebagai gantinya, bisa disatukan ruang makan dengan ruang menonton tv. (DD)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo