Cermati Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki rumah idaman tentu merupakan mimpi bagi kebanyakan orang. Saat memutuskan untuk membeli rumah, seseorang akan cenderung mengalami proses yang melelahkan namun menyenangkan. Sebagai tempat tinggal, rumah juga merupakan investasi jangka panjang yang dapat dimiliki seseorang.

Dalam proses pencarian, terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Jangan sampai Anda menyesal dengan rumah yang telah Anda beli karena informasi yang didapat tidak secara menyeluruh.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda menentukan untuk membeli sebuah rumah.

1.       Jumlah Ruang yang Dibutuhkan

Anda perlu menimbang ruang yang dibutuhkan keluarga Anda. Buat daftar mengenai apa saja yang dibutuhkan, Anda juga dapat berdiskusi dengan anggota keluarga yang lain. Kebutuhan ini meliputi jumlah kamar yang diperlukan oleh keluarga Anda, luas garasi, taman, dan lain sebagainya.

Dengan pertimbangan ini, Anda dapat menyortir hunian potensial yang dapat Anda beli. Selain itu, hal ini dapat memberikan Anda kesempatan untuk membicarakan rencana masa depan dengan anggota keluarga.

2.       Lokasi dan Akses

Lokasi dan akses sebuah rumah tentu saja menjadi salah satu pertimbangan paling penting. Pertimbangkan jarak dari rumah ke tempat Anda bekerja. Anda juga perlu melihat akses transportasi publik yang tersedia di sekitar rumah.

Semakin dekat dengan pusat kota, semakin tinggi pula harga yang harus dibayar untuk membeli sebuah rumah. Sebaliknya, semakin jauh dengan pusat kota, maka harga sebuah rumah cenderung lebih murah. Jika Anda berencana untuk membeli rumah yang jauh dari pusat kota, perhatikan akses transportasi publik seperti KRL, LRT, serta akses ke jalan tol.

3.       Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan

Perhatikan dan cari tahu lebih lanjut mengenai kondisi lingkungan dari rumah yang Anda incar. Pastikan bahwa rumah tersebut tidak dalam kawasan rawan banjir. Hal ini cukup penting jika Anda berencana membeli rumah di Jakarta, mengingat banyaknya area yang banjir saat musim hujan.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan tingkat keamanan di lingkungan rumah tersebut. Anda dapat bertanya dengan penghuni lain mengenai informasi keamanan seperti kasus pencurian, perampokan, dan lain sebagainya. Jika lokasi rumah ada dalam suatu kompleks perumahan, Anda dapat bertanya dengan pengelola mengenai tenaga keamanan yang disediakan.

4.       Harga dan Skema Pembayaran

Untuk hal ini, tentu saja Anda harus mempertimbangkan dengan cermat. Jangan sampai rumah yang Anda inginkan dijual dengan harga yang jauh dari kemampuan Anda. Anda dapat melakukan perbandingan terhadap beberapa rumah dengan harga yang sama. Dengan ini, Anda dapat memutuskan rumah yang pas dengan keadaan keuangan dan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda membeli dengan sistem KPR, pertimbangkan tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda. Perlu diingat bahwa semakin panjang tenor pembayaran, maka bunga yang harus dibayarkan akan semakin tinggi.

5.       Material dan Usia Bangunan

Saat melakukan survei, Anda perlu bertanya dan mengecek material yang digunakan untuk pembangunan rumah tersebut. Material merupakan elemen paling penting dalam menentukan kekuatan bangunannya.

Sebagai gambaran, rumah yang menggunakan batu bata akan menjadi lebih kokoh dibandingkan rumah yang yang menggunakan batako. Rumah yang menggunakan baja ringan untuk rangka atap akan lebih kuat dibandingkan rangka kayu.

Selain itu, Anda perlu mengetahui usia bangunan tersebut. Hal ini diperlukan untuk dapat memprediksi kapan renovasi harus dilakukan. (RT)

 

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo