Perhatikan Hal Ini Saat Beli Rumah dengan Pasangan!

image

PropertiNews.id, Tangerang - Ketika seseorang telah menikah, memiliki hunian pribadi tentunya ada pada rencana awal saat akan membina rumah tangga. Terlebih lagi, tak akan ada tempat yang lebih nyaman dan menyenangkan daripada rumah sendiri. Hal ini tentulah merupakan pernyataan yang  benar, sebab rumah adalah istana yang paling nyaman maka tak heran jika hamper semua orang termasuk pasangan muda ingin memiliki rumah pribadi demi mendapatkan rasa nyaman dan aman.

Bahkan banyak dari pasangan yang baru akan merencanakan untuk menikah sudah memikirkan untuk membeli rumah agar bisa hidup bersama pasangan dengan nyaman dan bahagia. Namun, sebelum membeli rumah tersebut, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini agar tidak salah pilih.

1. Tetapkan Kebutuhan

Agar tidak menyesal di kemudian hari, ada baiknya untuk memikirkan dan memahami betul apa yang menjadi tujuan serta kebutuhan Anda dan bersama terhadap rumah yang akan Anda beli tersebut. Kebutuhan yang dimaksud ini adalah rumah seperti apa yang akan Anda beli. Entah itu rumah 1 atau 2 lantai, rumah yang memiliki halaman luas dan sebagainya.


Menyesuaikan ukuran rumah dengan jumlah orang yang akan tinggal di dalamnya juga perlu untuk Anda lakukan agar sesuai dan tidak kekurangan ruangan atau mungkin kelebihan ruangan. Pertimbangan ini nantinya akan menuju ke jenis rumah seperti apa yang Anda butuhkan, luas rumah, jumlah kamar, serta konsep rumah seperti apa yang cocok dengan Anda.

2. Terapkan Hidup Hemat

Tak jauh berbeda dengan membeli rumah dengan biaya sendiri, membeli rumah bersama pasangan juga tetap tidak memakan biaya yang sedikit. Maka, Anda disarankan untuk mulai memutuskan untuk membeli atau mencicil rumah yang Anda pilih tersebut.

Agar biaya tidak terlalu terasa besar pengeluarannya, Anda bisa menggabungkan penghasilan Anda dengan pasangan untuk membeli rumah impian. Menerapkan hidup hemat pun perlu Anda lakukan dengan mengontrol pengeluaran hanya untuk hal-hal prioritas atau kebutuhan saja.

3. Komitmen

Jangan hanya memikirkan biaya serta jenis rumah yang Anda inginkan saja, namun Anda juga perlu untuk memikirkan seberapa komitmen Anda dengan pasangan untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman bersama. Agar memiliki rumah idaman dapat terwujud, Anda dan pasangan diharuskan untuk berjuang bersama. Jangan sampai hanya Anda atau pasangan Anda yang bekerja lebih giat untuk mengumpulkan biaya membeli rumah tersebut.

4. Perhatikan Biaya

Jika Anda sudah memikirkan dan menentukan rumah jenis apa yang Anda butuhkan, ada baiknya untuk Anda memulai perhatikan biaya yang akan Anda perlukan atau keluarkan demi mendapatkan rumah tersebut. Anda bisa mulai dengan memperhatikan biaya yang dibutuhkan dan tentunya harus menyesuaikan dengan kemampuan kantong Anda dan pasangan.

Apabila dana yang Anda miliki belum mencukupi untuk membeli rumah impian Anda, ada baiknya untuk memanfaatkan fasilitas KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) yaitu dengan membayar cicilan rumah yang Anda pilih.
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pasangan muda saat ingin membeli rumah pribadi. Biar punya rumah pribadi bisa terwujud, jangan ragu untuk mulai mensiasati keuanganmu ya! (DD)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo