Ingin Mulai Investasi Properti ? Kenali Dulu Jenis yang Paling Menguntungkan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Investasi di bidang properti terbilang sangat menggiurkan. Selain menjanjikan hasil yang lumayan, investasi di bidang properti terbilang aman. Investasi properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Pasalnya, jenis investasi yang satu ini akan terus meningkat nilainya dari tahun ke tahun.

Meskipun menawarkan keuntungan yang besar, nyatanya masih banyak orang yang enggan terjun ke investasi properti karena terpentok modal. Investasi yang satu ini terbilang anti inflasi, dan biasanya membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Namun bagi anda yang tetap ingin berinvestasi di bidang properti, berikut ini kami berikan jenis-jenis yang umum namun tetap memberikan keuntungan besar.

Investasi Kantor

Banyak sekali para pengusaha properti yang melakukan investasi utama pada gedung perkantoran. Hal ini dikarenakan properti kantor mampu menghasilkan profit yang paling besar dibandingkan jenis properti yang lainnya.

Selain itu lokasi yang strategis dan berada di pusat bisnis menjadi salah satu faktor pendorong mengapa jenis properti ini sangat menguntungkan.

Permintaan terhadap ruangan kantor sebagian besar berasal dari perusahaan yang membutuhkan tempat di dalam ruangan untuk memenuhi berbagai fungsi seperti keuangan, administrasi, operasional, dan lain sebagainya. Jadi, saat perusahaan tersebut terus berkambang, maka permintaan ruang kantor yang lebih besar akan semakin besar.

Investasi Tanah

Membeli tanah dengan tujuan investasi terbilang mudah, yang terpenting adalah anda memeriksa dengan teliti legalitas tanah tersebut. Nama pemilik tanah harus sesuai dengan yang tertera pada sertifikat. Pastikan pula ukuran tanah sesuai dengan sertifikat dan pastikan di mana batas-batasnya.

Baca Juga : Properti Komersial Saat Ini Terus Berkembang

Jika ingin harga tanah anda naik dengan cepat, pilih lokasi yang strategis. Investasi tanah kosong memiliki beberapa keuntungan antara lain biaya perawatan yang minim. Anda bisa mendapatkan untung maksimal jika menjualnya untuk jangka panjang, misalnya lima tahun ke depan.

Kalau Anda menyewakan tanah kosong, umumnya yield-nya tidak terlalu besar yaitu hanya 0,5% – 2% per tahun. Yield maksudnya adalah keuntungan yang anda peroleh dari nilai sewa per tahun dibandingkan dengan harga properti.

Investasi Indekos

Investasi properti lainnya yang menguntungkan adalah dengan membuka indekos alias kos-kosan. Pasalnya, anda akan mendapatkan pendapatan pasif setiap bulan atau untung 5 hingga 7 persen setiap tahunnya.

Untuk bisnis yang satu ini, anda perlu mencari posisi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan penyewa. Misalnya yang dekat dengan kampus atau kantor. Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan calon penyewa, seperti memastikan lokasi, harga dan fasilitas yang ditawarkan. Tidak hanya itu, anda bisa memperluas usaha dengan membuka laundry, catering atau warung kecil di kos-kosan itu.

Investasi Apartemen

Apartemen kini memang tengah menjamur di mana-mana. Hal itu dipengaruhi oleh semakin meningkatnya minat masyarakat untuk tinggal di apartemen, terutama kaum milenial.

Kini juga udah banyak tersedia penyewaaan apartemen dengan bujet murah. Bahkan, ada yang harga sewanya hampir sama dengan kos-kosan. Hal itulah yang semakin membuat banyak orang lebih memilih untuk tinggal di apartemen.

Untuk investasi properti yang satu ini, anda berpotensi akan mendapatkan keuntungan sekitar 7 hingga 12 persen per tahunnya.

Baca Juga : Tips Membeli Rumah Impian dengan Dana Pas-Pasan

Meski begitu, buat anda yang ingin investasi apartemen harus sangat teliti dan butuh modal besar di awal, salah satunya adalah untuk membeli furniture. Selain itu lokasi juga mempengaruhi keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Investasi Ruko, Kios, atau Toko

Seperti halnya investasi properti jenis lainnya, investasi ruko, kios, dan toko sangat bergantung pada lokasi. Anda akan semakin mudah menemukan penyewa jika lokasinya strategis. Jika salah pilih lokasi, maka Anda akan terancam sulit mendapatkan penyewa dan juga sulit untuk menjualnya kembali. Yield untuk roko berkisar 6% – 9% per tahun. Sementara investasi kios/toko menjanjikan yield 5% – 10% per tahun.

Nah, itu dia lima jenis investasi properti menjanjikan yang dapat menjamin masa depan anda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo