Tips Memulai Investasi Properti Kos-Kosan Agar Menguntungkan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Investasi properti merupakan salah satu bisnis menarik yang bisa menjadi lahan investasi jangka panjang. Tidak hanya menjual rumah, bisnis properti seperti kos-kosan juga bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin memulai bisnis properti. Meski terlihat menarik dan memiliki keuntungan yang cukup besar, anda juga harus menjalankan bisnis ini dengan baik dan memikirkan strateginya dengan matang. Bila sudah tidak terencana dengan baik lalu bagaimana bisa mendatangkan keuntungan bagi usaha ini.

Bisnis kos ini memang semakin berkembang seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan tempat menginap untuk para mahasiswa, pegawai atau karyawan yang bekerja atau sedang menempuh pendidikan yang jauh dari tempat tinggal. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bisnis kosan ini memang banyak di area yang berdekatan dengan perkantoran, universitas atau perusahaan dan pabrik.

Ketika anda berminat untuk menjalankan peluang investasi properti kos-kosan, perlu ada pertimbangan tentang keuntungan serta resiko yang mungkin nanti anda hadapi ketika menjalankan bisnis ini. Ada beberapa tips sukses menjalankan bisnis kos-kosan yang sukses dan menguntungkan.

Baca Juga : Ingin Mulai Investasi Properti ? Kenali Dulu Jenis yang Paling Menguntungkan

Pilih Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan adalah memilih lokasi strategis. Cobalah mulai bisnis ini dengan melakukan survei lokasi, carilah lokasi yang mudah ditempuh, memilik jarak yang dekat dari kampus atau perkantoran, akses mudah, dan sebagainya. Jika target market anda adalah mahasiswa, carilah lokasi dekat dengan kampus, atau cari lokasi yang dekat dari perkantoran jika target Anda adalah pekerja. Selain dekat dengan kampus atau kantor, carilah lokasi yang memudahkan target Anda mencari tempat makan, supermarket, rumah sakit, dan dekat dengan jalan raya.

Akses yang Mudah Bagi Penghuni Kos

Akses yang mudah menuju tempat-tempat tertentu seperti airport, pasar, supermarket/mall, tempat hiburan, stasiun maupun tempat-tempat yang menyediakan fasilitas umum. Bila anda mampu menyediakan fasilitas seperti kendaraan bagi penghuni kosan atau mungkin bekerjasama dengan pihak lain seperti ojek atau yang lainnya.

Sediakan juga lahan parkir untuk penghuni kosan yang mungkin memiliki kendaraan dan mungkin saja mereka menerima tamu. Dengan adanya parkir kendaraan maka mereka akan merasa aman meletakkan kendaraannya.

Berikan Harga Kompetitif

Harga adalah salah satu faktor penentu apakah calon penghuni memilih kos-kosan yang anda miliki atau tidak. Agar kamar kos-kosan Anda penuh dan ramai, cobalah berikan harga sewa yang sesuai dengan target dan fasilitas yang dimiliki kos-kosan tersebut. Misalnya kamar kos dengan fasilitas AC dihargai Rp1,5 juta, dan tanpa AC hanya Rp800 ribu. Sebelum menentukan harga, Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan terhadap harga kos di sekitar lokasi.

Berikan Fasilitas Tambahan

Selain fasilitas di kamar kos, anda juga harus memerhatikan fasilitas tambahan. Fasilitas-fasilitas tambahan di kosan bisa mendukung kemudahan bagi para penghuni kosan, fasilitas-fasilitas inilah yang nantinya bisa menjadi daya tarik.

Baca Juga : Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Memulai Investasi Tanah

Anda bisa menyediakan WiFi gratis, layanan laundy, ketering, dan sebagainya. Hal ini akan membantu anda memenangkan persaingan pasar. Tanpa adanya fasilitas tambahan, anda akan sulit menarik calon penghuni kos. Apalagi saat ini hampir semua kos-kosan menyediakan layanan WiFi gratis.

Tempat yang Bersih, Nyaman dan Aman

Salah satu daya tarik yang bisa membuat orang mau menyewa tempat kosan yang anda sediakan adalah tiga faktor ini yaitu bersih, nyaman dan aman. Semua faktor diatas merupakan faktor terpenting yang menjadi pertimbangan bagi para calon penghuni kosan. Tempat yang bersih tentu akan membuat penghuni jadi nyaman dan enak mata memandangnya, selain itu tempat yang bersih juga mencerminkan tempat yang sehat dan jauh dari wabah penyakit. Coba bayangkan tempat kosan yang kotor dan sampah dimana-mana selain menimbulkan pemandangan yang tidak enak juga bau yang sangat mengganggu. Sirkulasi udara yang lancar dan pencahayaan memadai pada setiap kamar juga sangat penting.

Sekian tips untuk anda yang ingin memulai peluang bisnis properti kos-kosan agar menguntungkan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo