Kesalahan Saat Melakukan Investasi Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki rumah merupakan mimpi bagi banyak orang. Tidak hanya sebagai hunian yang nyaman bagi Anda, namun rumah merupakan salah satu investasi properti yang menguntungkan.

Jika Anda berencana untuk melakukan investasi rumah, maka Anda harus memahami dan terus mengikuti perkembangan bisnis di sektor properti. Selain itu, Anda juga perlu untuk terus memperluas pengetahuan sehingga dapat merancang strategi terbaik.

Tanpa strategi, pengetahuan, dan langkah yang tepat, Anda dapat mengalami kerugian alih-alih mendapat keuntungan dari investasi Anda. Untuk menghindari hal ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda melakukan investasi.

1.       Tujuan Investasi

Dalam melakukan investasi, menetapkan tujuan merupakan salah satu penentu keberhasilan. Dalam setiap perencanaan, diperlukan penetapan tujuan utama. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan rencana jangka panjang Anda dalam melakukan investasi rumah.

Untuk membantu Anda dalam menentukan rumah yang akan dibeli, lakukan riset dan survei mengenai tren dan harga pasar, sehingga Anda tidak akan salah dalam melakukan pembelian. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan dan lakukan pertimbangan yang matang dengan melakukan perbandingan terhadap beberapa properti yang menjadi incaran Anda.

2.       Lokasi

Lokasi memang merupakan salah satu hal yang paling menentukan harga jual sebuah properti. Investasi rumah di lokasi yang strategis dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah karena kebutuhan tempat tinggal yang tinggi.

Jika lokasi rumah atau tanah yang Anda beli dianggap kurang strategis atau berada di wilayah yang memiliki potensi perkembangan yang rendah, maka Anda akan kesulitan untuk menjual properti Anda sewaktu-waktu. Terlebih, alih-alih meningkat, nilai investasi dapat menurun dikarenakan faktor lokasi yang tidak strategis.

3.       Waktu

Salah satu prinsip yang harus dipahami dalam bisnis jual beli properti adalah untuk melakukan pembelian saat harga pasar sedang turun, dan menjual saat harga naik. Oleh karena itu, perhatikan waktu pembelian. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, pastikan harga properti yang dijual sedang mengalami penurunan.

Manfaatkan setiap peluang yang ada. Jika Anda membeli saat harga pasar sedang turun dan investasi yang ditujukan untuk jangka panjang, keuntungan yang dapat Anda peroleh dapat meningkat berkali-kali lipat.

4.       Kualitas Bangunan

Rumah yang dibangun tentu diharapkan dapat berdiri kokoh dalam waktu yang lama. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kualitas bangunan rumah Anda. Penggunaan material yang murah tidak memiliki daya tahan yang baik. Hal ini tentu memiliki resiko tambahan biaya untuk perawatan atau renovasi.

Dengan kualitas bangunan yang buruk, investasi yang Anda lakukan akan terhambat karena tambahan biaya yang harus Anda keluarkan. Selain itu, properti yang sudah dilengkapi dengan interior dapat menghemat pengeluaran Anda.

5.       Pembayaran

Investasi harus dilakukan sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai Anda tidak mampu untuk melakukan pembayaran. Tentu Anda dapat menggunakan layanan sistem kredit, namun hal ini juga perlu disesuaikan dengan jumlah yang mampu Anda bayarkan setiap bulannya. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo