Investasi Properti Hunian atau Properti Komersial?

image

PropertiNews.id, Tangerang – Saat ini, investasi properti nampaknya tengah diminati banyak orang termasuk para investor. Baik properti hunian (residensial) maupun properti komersial tentunya memiliki kelebihan masing-masing saat dijadikan sarana investasi (disewakan). Nah, berikut ini terdapat beragam kelebihan dari masing-masing jenis investasi properti tersebut. Yuk simak beragam poin yang perlu untuk Anda perhatikan di sini!

Harga Sewa

Perbedaan pertama dari masing-masing propert hunian (residensial) dengan properti komersial ialah harga sewanya. Untuk harga sewa properti hunian biasanya ditentukan dari keseluruhan bangunan sedangkan bagi properti komersial dinilai dari per meter persegi. Harga sewa properti komersial pun biasanya belum termasuk biaya-biaya lain seperti asuransi, service charge serta lainnya.

Perawatan

Biasanya, penyewa properti komersial membuat usaha pada properti Anda. Oleh sebab itu, penyewa properti komersial Anda juga perlu untuk membayar biaya-biaya seperti pajak, asuransi, perawatan dan lain-lain. Sebaliknya, penyewa properti hunian tidak memiliki kebutuhan untuk merawat properti Anda apalagi melakukan renovasi. Maka dari itu, pemilik hunian sewa perlu untuk mengeluarkan budget ekstra untuk memperbaiki kerusakan.


Sebagai Jaminan

Bagi properti hunian (rumah), biasnya perbankan dan lembaga keuangan lainnya bisa mengucurkan dana sekitar 80%, namun bagi properti komersial tentunya rasio pinjaman tidak setinggi dengan properti hunian tersebut. Umunya, bank hanya dapat memberi pinjaman sekitar 50% - 60% dari nilai properti komersial tersebut.

Masa Sewa

Umumnya, properti hunian hanya disewa dalam jangka waktu bulanan, enak bulanan atau mungkin per tahu. Namun, berbeda dengan properti komersial yang biasanya disewakan selama beberapa tahun sekaligus. Menyewa properti hunian dalam jangka panjang biasanya akan terlihat sebagai pemaksaan dan mengurangi kebebasan penyewa untuk pindah. Sedangkan, sewa jangka panjang tentunya cocok dalam pada properti komersial karena akan memberi jaminan tempat usaha bagi bisnis mereka.

So, mau pilih investasi properti hunian atau properti komersial? Investor pemula tentunya lebih mudah untuk mengatur properti hunian karena investor properti komersial perlu memenuhi penyediaan fasilitas serta utilitas penunjang bisnis si penyewa. Meski demikian, properti komersial merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memiliki investasi yang terus tumbuh! (DD)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo