Rumah Anda Lembab ? Atasi Dengan Tips Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memasuki musim penghujan, suhu di dalam rumah akan terasa lembab. Bahkan kelembapannya sampai mempengaruhi kondisi dinding ruangan. Dinding yang lembab dapat menyebabkan timbulnya jamur.

Pada kondisi tertentu, hal ini membuat ruangan akan terasa kurang nyaman. Selain itu, juga berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Dinding rumah yang lembab karena basah dan berjamur juga dapat merusak tembok dan mengurangi keindahan rumah saat dilihat. Hal ini seperti keburukan berantai yang berjalan berkesinambungan. Pertama dinding anda akan basah oleh air yang merembes di tembok, jika di biarkan hal ini akan menimbulkan kerusakan yang lebih jauh lagi yaitu timbulnya bintik-bintik noda.

Berikut ini kami rangkum cara mengatasi rumah lembab yang dapat Anda coba.

Memasang Exhaust Fan

Jika kelembapan berada pada ruangan yang tidak memiliki jendela dan hanya memiliki lubang ventilasi dengan ukuran yang tidak terlalu besar, maka anda dapat menggunakan exhaust fan untuk mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan. Exhaust fan juga bisa berfungsi sebagai alat bantu untuk perputaran udara dari sebuat ruangan. Sangat baik digunakan pada ruangan yang lembab. Penggunaannya bisa diaplikasikan pada dinding kamar atau plafon rumah, tergantung pada situasi rumah yang anda huni.

Gunakan Cat Tembok Anti Jamur

 Akibat dari udara yang lembab, dinding menjadi berjamur dan cat akan terkelupas. Ini karena cat yang anda gunakan hanya cat biasa. Untuk mengatasi jamur pada tembok yang disebabkan oleh kelembapan tinggi, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan cat dinding anti jamur. Saat ini produsen cat sudah banyak yang mengeluarkan produk dengan varian yang dapat mengatasi jamur di dinding. Agar dinding terhindar dari jamur, perlu dilapisi semen yang kuat sehingga lebih tahan terhadap air.

Baca Juga : Tips Menata Kamar Mandi Kecil Agar Terlihat Luas

Menggunakan Produk Penyerap Udara Lembab

Selain menggunakan cat tembok anti jamur, Anda juga bisa menggunakan produk penyerap udara lembab untuk mengatasi kelembaban udara di rumah. Produk penyerap udara lembab dinilai efektif untuk mengatasi udara lembab dalam ruangan. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan meletakkan produk penyerap udara lembab di sudut ruangan yang lembab.

Produk penyerap udara lembab akan berubah bentuk menjadi air atau gel ketika berhasil menyerap kelembaban udara. Anda disarankan untuk rutin mengganti produk penyerap udara lembab dengan yang baru setiap satu bulan sekali.

Maksimalkan Ventilasi atau Jendela

Setiap rumah tentunya memiliki ventilasi / jendela. Selain untuk dekorasi ruangan, ventilasi juga berfungsi agar udara dari luar bisa masuk ke dalam ruangan dan udara dari dalam ruangan bisa keluar secara teratur. Namun, banyak orang yang masih belum memaksimalkan ventilasi udara ini secara teratur.

Terlebih, menggunakan AC (Air Conditioner) dalam ruangan yang digunakan secara terus menerus. AC berfungsi untuk mendinginkan ruangan bukannya menyaring udara yang ada didalam ruangan. Akibatnya, ruangan yang dingin akan mengakibatkan udara yang lembab.

Baca Juga : Inspirasi Ruang Bermain Dalam Rumah Untuk Anak

Jadi sangat penting bagi Anda untuk selalu membuka ventilasi setiap selesai menggunakan AC dalam waktu yang lama. Agar sinar matahari dari luar dapat masuk ke dalam ruangan untuk menghilangkan jamur tumbuh yang mengakibatkan ruangan lembab. Dan Anda juga harus rutin untuk membuka ventilasi agar udara yang didalam selalu fresh dan segar. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo