Inspirasi Ruang Bermain Dalam Rumah Untuk Anak

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki seorang anak akan membuat orangtua khawatir jika anaknya bermain di luar rumah tanpa pengawasan, atau bahkan bisa jadi bermain diluar rumah tidak terjamin aman kebersihannya. Untuk itu, banyak orang tua yang memilih membuat ruang bermain untuk anak dirumah. Apalagi untuk anak yang masih dalam masa perkembangan, tentunya mereka memerlukan ruangan untuk bermain.

Ruang bermain anak di rumah tidak hanya bisa dijadikan sebagai arena untuk bermain, namun juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk belajar anak. Tentunya, dengan memiliki ruang bermain dirumah, anda sebagai orangtua bisa lebih leluasa untuk mengawasi dan bermain dengan anak anda.

Berikut ini kami menyiapkan beberapa inspirasi ruang bermain anak dalam rumah yang bisa anda tiru :

Dekorasi Ruang Bermain dengan Warna Cerah dan Terang

Hal paling utama dalam menata dekorasi ruang bermain adalah menentukan skema warna dari ruangan tersebut. Ruang bermain identik dengan dekorasi yang penuh warna. Pemilihan warna pada ruang bermain akan mempengaruhi mood dan juga daya kreativitas anak. Warna terang dan juga cerah seperti kuning dan oranye dapat menstimulan kerja otak agar dapat berpikir logis dan juga analis. Perpaduan dua warna tersebut yang dominan di dalam ruangan memberikan kesan ceria dan hangat.

Baca Juga : Tips Memilih Keramik Untuk Lantai Kamar Mandi

Namun, jangan sampai anda terlalu banyak memakai warna kontras, karena dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Perpaduan dengan teknik gradasi warna bisa menjadi solusi yang lebih baik.

Beri Tempat Untuk Ekspresi Anak

Pada ruang bermain jangan lupa pula untuk membuat tempat yang bisa dipakai anak sebagai ruang berekspresi. Pada area ini anda dapat membiarkan si kecil mengekspresikan bakat seni yang ia miliki.

Anda bisa melengkapi dekorasi ruang bermain anak dengan memberikan bidang untuk melukis, atau area dinding yang bisa dibersihkan jika dicoret-coret. Memberikan papan tulis juga bisa menjadi alternatif lainnya. Memberikan ruang ekspresi di dalam ruang bermain dapat mengembangkan daya belajar si kecil dari segi akademik.

Memanfaatkan Rak Buku

Jika anda memiliki rak buku berbentuk horizontal di rumah, anda bisa memanfaatkanya sebagai tempat bermain anak seperti membuat dapur portable. Buat kompor dari kertas hitam yang sudah dilaminating dan gunakan beberapa lakban hitam untuk membuat aksen kompor. Tambahkan pula kursi dibagian bawah untuk membuat anak anda semakin nyaman bermain. Selain menstimulasi daya imajinasi anak, rak bermain seperti ini juga tetap bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti buku atau mainan anak anda.

Tema “Jungle” untuk Anak Anda yang Aktif

Membuat ruang anak menjadi unik tentunya akan memberikan pengalaman seru bagi anak ataupun orang tua. Apalagi jika anda memiliki anak yang aktif, tema “jungle” dalam ruang bermainnya bisa menjadi salah satu inspirasi. Dari dinding, lantai, hingga dudukannya dibuat membentuk elemen yang ada di alam bebas.

Bantalan duduk berbentuk jamur dan batangan kayu juga sangat aman untuk anak-anak. Karpet sebagai penutup alas lantainya pun bisa anda buat serupa seperti pasir dan bebatuan, sedangkan penambahan karpet berwarna biru bisa tampak seperti air.

Pilihlah Mainan yang Bisa Dijadikan Sebagai Media Belajar

Memilih mainan yang tepat untuk anak anda sangatlah penting. Ketahui kegemaran anak sejak kecil sehingga potensi dan bakatnya akan lebih mudah berkembang dipici dengan berbagai macam mainan. Anak-anak memiliki tipe belajar yang berbeda. Ada yang suka belajar dengan membaca, adapula anak yang suka belajar dengan bergerak aktif. Memanfaatkan ruang bermain sebagai sarana belajar nya juga sangat dianjurkan.

Baca Juga : Ubah Ruangan Tak Terpakai Menjadi Ruang Olahraga Pribadi

Sebenarnya area bermain anak dirumah tak selalu harus berukuran luas dan menggunakan mainan yang mahal. Desain ruang bermain anak dapat berperan penting dalam mengakomodasi tumbuh kembang anak secara baik. (ZH)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo