Tips Memilih Keramik Untuk Lantai Kamar Mandi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Salah satu unsur penting yang turut menentukan keindahan dan kenyamanan kamar mandi adalah lantai keramiknya. Memilih keramik lantai kamar mandi harus benar-benar anda perhatikan agar cocok dengan kamar mandi anda.

Sebelum membuat kamar mandi, alangkah baiknya anda menyimak tips memilih keramik lantai kamar mandi anda.

Hindari Pemilihan Keramik yang Licin

Akhir-akhir ini konsep kamar mandi kering gaya Barat semakin menjamur dan kerap diaplikasikan di rumah-rumah bergaya minimalis. Sesuai namanya, lantai kamar mandi tersebut dijaga dari cipratan air agar senantiasa kering. Meskipun begitu, penggunaan keramik lantai kamar mandi yang tidak licin masih sangat disarankan. Apalagi jika konsep kamar mandi yang digunakan adalah kamar mandi basah yang lantainya pasti lembab.

Pasalnya, diluar sana banyak sekali kemarik dengan permukaan glossy yang tentunya bisa berbahaya jika diaplikasikan pada lantai kamar mandi. Disarankan anda memilih keramik yang teksturnya kasar untuk menghindari resiko terpeleset.

Menyesuaikan Ukuran Keramik dengan Luas Kamar Mandi

Ukuran keramik untuk lantai kamar mandi juga menjadi pertimbangan. Jika kamar mandi anda luas, anda bisa memilih keramik yang ukurannya besar-besar. Namun jika ukuran kamar mandi anda terbilang kecil, alangkah baiknya jika anda memilih ukuran keramik yang kecil agar tidak terlalu banyak melalui proses pemotongan sebelum dipasang.

Baca Juga : Ubah Ruangan Tak Terpakai Menjadi Ruang Olahraga Pribadi

Bentuk, ukuran dan corak lantai kamar mandi dibuat dalam berbagai macam ukuran dan motif. Umumnya berukuran 20X20 cm atau 25X25 cm atau 20X30 cm. Bila anda masih bingung terkait ukuran, mintalah saran kepada sang ahli atau teman yang pernah membeli dan memasang keramik.

Pilihlah Motif dan Warna Keramik yang Sesuai

Memilih motif dan warna membutuhkan pertimbangan yang cukup matang. Pastikan untuk memilih motif dan warna keramik yang senada dengan tema kamar mandi. Jika kamu memiliki kamar mandi minimalis, hindarilah pola motif keramik lantai yang terlalu ramai dan berfokus pada detail keramik. Seleksilah warna keramik dengan cermat. Bila ruangan kurang mendapat sinar matahari, kemarik dengan warna terang bisa menjadi alternatif, begitu sebaliknya.

Kemarik yang Mudah Dirawat dan Dibersihkan

Sebelum memutuskan semuanya, perhatikan juga cara perawatan dari kemarik yang anda pilih. Pastikan jika kemarik tersebut sangat mudah untuk dibersihkan agar bisa terlihat cantik dan terawat. Keramik lantai kamar mandi memang rawan berlumut sehingga membuat lantai menjadi licin, meskipun anda sudah memilih keramik yang bertekstur kasar. Untuk menghindarinya, anda bisa memillih keramik yang mudah dibersihkan.

Baca Juga : Tips Mudah Membersihkan Kamar Mandi Anda

Keramik lantai yang memiliki motif timbul atau tekstur kasarnya terlalu dalam, dapat membuat lumut atau sisa sabun sulit untuk dibersihkan. Pilihan terbaik adalah memilih keramik yang sederhana dengan permukaan datar namun tidak licin. Agar awet, anda juga bisa memilih keramik yang tidak mudah pudar warnanya dan tahan terhadap goresan ketika tertimpa benda tajam atau saat dibersikan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo