Langkah Mudah Membuat Kamar Mandi Tetap Kering dan Bersih

image

PropertiNews.id, Tangerang - Percaya atau tidak, kamar mandi dinilai dapat mencerminkan karakter pemiliknya. Keberadaan kamar mandi diperlukan sebagai kebutuhan dasar pemilik rumah. Oleh karena itu, desain dan perawatan kamar mandi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Kebersihan tidak hanya menjadi hal yang penting bagi pemilik rumah, namun juga tamu yang datang berkunjung. Kamar mandi yang kotor dan tidak dibersihkan akan meninggalkan kesan negatif terhadap pemilik rumah.

Anda tentu ingin memiliki kamar mandi yang bersih untuk diri Anda sendiri ataupun pengguna lain. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menjaga kamar mandi yang kering dan bersih.

 Baca Juga: Membuat Ruangan Kamar Tetap Hangat di Musim Hujan

1.       Buat Batas Area Kering dan Basah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memisahkan area kering dan basah. Jika memungkinkan, berikan pembatas untuk dua area tersebut. Anda dapat menggunakan beberapa pemisah sesuai selera.

Memiringkan permukaan lantai menjadi salah satu cara yang efektif. Air yang keluar dan jatuh ke lantai dapat langsung mengalir ke saluran pembuangan air. Dengan ini, kamar mandi menjadi tidak basah dan cepat kering.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan pembatas kaca pada area mandi dan area kloset. Kamar mandi yang basah seringkali disebabkan oleh tidak adanya partisi yang membedakan area mandi dan kloset.

2.       Rak Alat Mandi

Peralatan mandi seperti sabun, sikat gigi, dan pasta gigi seringkali berpotensi untuk jatuh ke lantai sehingga dapat terkontaminasi dengan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Gunakan wadah atau rak penyimpanan untuk menyimpan alat mandi.

Rak ini berfungsi untuk melindungi peralatan serta menjadi dekorasi yang baik agar kamar mandi terlihat lebih rapi dan bersih. Rak juga dapat berfungsi untuk menyimpan peralatan mandi yang Anda beli saat berbelanja bulanan dan belum akan digunakan.

Baca Juga: Tips Menata Kamar Tidur Untuk Tiga Anak

3.       Pencahayaan

Tanpa pencahayaan yang baik, kamar mandi akan terasa lembab. Selain itu, tanpa adanya cahaya matahari yang masuk, lantai akan lebih lambar kering. Berikan ventilasi di kamar mandi Anda, atau dengan memasang bagian atap yang dapat ditembus oleh sinar matahari, seperti genteng kaca.

Selain membuat kamar mandi menjadi cepat kering, Anda juga dapat menghemat konsumsi listrik dengan membiarkan cahaya alami masuk pada siang hari. Sebagai tambahan, gunakan lampu hemat energi untuk memaksimalkan penghematan ini.

4.       Sirkulasi Udara

Sama halnya dengan pencahayaan, sistem sirkulasi udara yang baik akan menjaga agar kamar mandi menjadi tidak pengap. Udara dapat keluar masuk dengan cepat dengan lubang ventilasi. Dengan sistem saluran udara yang baik, kamar mandi Anda tidak akan menimbulkan bau tidak sedap. Anda dan keluarga dapat menggunakan kamar mandi yang bersih dan wangi.

5.       Membersihkan Kamar Mandi Secara Teratur

Hal ini merupakan hal yang paling penting. Anda perlu menjaga kebersihan kamar mandi Anda setiap harinya. Bersihkan sisa air yang terdapat di sekitar area kamar mandi. Membersihkan hal ini setiap harinya akan menjauhkan kamar mandi Anda dari noda air yang menghitam dan lendir yang berbau tidak sedap.

Anda juga perlu membersihkan lokasi yang mudah kotor seperti cermin dan kloset duduk. Selalu sediakan kain untuk membersihkan cermin dan sikat untuk membersihkan toilet. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari sehingga kebersihan dan keindahan kamar mandi Anda akan terus tetap terjaga. (RT)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo