Tips Mudah Membersihkan Kamar Mandi Anda

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kamar mandi menjadi salah satu ruangan  yang setiap hari kita gunakan. Jika tak sering dibersihkan, kamar mandi bisa menjadi sarang kuman juga akan terlihat kotor dan menjijikkan.

Membersihkan kamar mandi tidakklah sesulit yang dibayangkan. Tak perlu menggunakan berbagai macam bahan kimia, cara membersihkan kamar mandi dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami.

Baca Juga : Ide Desain Ruang Cuci Baju Minimalis di Dalam Rumah

Jika anda bingung harus mulai dari mana, simak tips membersihkan kamar mandi berikut :

Keluarkan Semua Barang yang Ada di Kamar Mandi

Sebelum anda memulai membersihkan kamar mandi, sebaiknya anda mengeluarkan dulu semua barang yang ada di dalam kamar mandi. Masukkan pakaian dan handuk kotor ke dalam keranjang baju kotor. Shampo, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan alat mandi lainnya juga harus dikeluarkan. Hal ini untuk memudahkan dalam proses pembersihkan kamar mandi.

Sambil mengeluarkan barang-barang tersebut, anda bisa sekalian membersihkan debu-debu hingga kotoran yang menyelip. Isi kembali botol sabun atau shampo yang sudah habis, dan buang barang-barang yang tidak terpakai lagi.

Menghilangkan Lumut Menggunakan Garam

Setelah anda mengeluarkan semua barang dari kamar mandi, anda sudah bisa untuk memulai membersihkannya. Kamar mandi biasanya ditumbuhi lumut, karena tempat tersebut lembab. Apalagi jika kamar mandi anda tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup. Untuk menghilangkan lumut, anda dapat menggunakan garam. Caranya yakni dengan memasukkan sekitar 3 sendok garam ke dalam 2 liter air. setelah itu, rebus hingga larutan garam mendidih dan garam larut sempurna. Saat masih panas, siramkan larutan tersebut pada bagian kamar mandi yang berlumut. Setelah itu sikat permukaan sampai bersih, lalu bilas. Anda bisa mengulangi langkah tersebut untuk hasil yang lebih maksimal.

Asam Cuka Sebagai Perontok Kerak

Masalah lain yang kerap membuat kamar mandi terlihat kotor adalah noda akibat kerak yang menumpuk. Kerak muncul akibat kamar mandi yang jarang dibersihkan. Akibatnya, cairan bekas sabun atau noda jamur dan lumut akan mengering menjadi kerak.

Untuk cara membersihkan kamar mandi yang berkerak, anda dapat menggunakan asam cuka. Campurkan larutan asam cuka dan air dengan perbandingan 1 : 1. Lalu siramkan larutan tersebut ke setiap sudut kamar mandi yang berkerak. Jika sudah, siram merata dan gosok bagian yang berkerak hingga bersih.

Bersihkan Kloset Menggunakan Pasta Gigi atau Pembersih Mulut dan Air

Kloset yang kotor membuat pemilik rumah atau tamu tidak nyaman saat hendak memakainya. Kotoran pada kloset memang biasanya sulit untuk dibersihkan. Namun anda bisa menggunakan paasta gigi atau pembersih mulut yang dicampur dengan air untuk membersihkan noda pada kloset.

Baca Juga : Ide Kreatif Pemanfaatan Ruang Bawah Tangga

Caranya cukup dengan mengoleskan pada daerah yang kotor, diamkan selama 30 menit, setelah itu gosok menggunakan sikat toilet sampai bersih.

Lemon untuk Menghilangkan Noda Karat

Beberapa benda di kamar mandi terutama kran atau shower rentan terkena karatan karena terus menerus terkena air baik dingin maupun panas. Untuk mengatasinya anda tidak perlu membeli keran atau shower yang baru. Anda cukup menggunakan perasan air jeruk lemon, dan menuangkannya pada bagian yang berkarat, lalu gosok dengan sikat yang berbahan keras dan bilas hingga bersih.

Kandungan asam yang tinggi pada lemon dipercaya ampuh atasi kerak. Jika ingin hasil maksimal, kamu bisa mencampurkannya dengan garam. Cara membersihkan kamar mandi dengan sitrun merupakan salah satu cara alami yang paling mudah untuk dicoba.

Cara terbaik agar kamar mandi anda selalu terlihat bersih adalah dengan rutin membersihkannya, minimal 3 kali sehari. Agar tampak lebih bersih,  jangan biarkan langit-langit kamar mandi anda penuh dengan sarang laba-laba. Anda juga harus menjaga sirkulasi udara kamar mandi agar tidak lembab. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo