Tarif Sebagian Ruas Tol akan Mengalami Kenaikan Tahun Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tarif tol akan disesuaikan di sejumlah ruas jalan tol pada 2019. Ruas jalan tol tersebut termasuk yang dikelola oleh PT Jasa Marga Tbk (JSMR). Adapun penyesuaian tarif tersebut dilakukan setiap dua tahun berdasarkan laju inflasi. Besaran kenaikan tarif berdasarkan pada peraturan UU Nomor 38/2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 15/2005.

Hingga akhir tahun 2019 nanti, akan ada sedikitnya 13 ruas tol yang berpotensi mengalami penyesuaian tarif seiring dengan pertumbuhan inflasi yang terjadi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan, penyesuaian tarif itu dilakukan berdasarkan perjanjian pengusahaan jalan tol.

“Secara perjanjian pengusahaan ada beberapa ruas yang sudah memang dimungkinkan untuk dinaikkan tarif. Yang sudah itu Tol Jakarta-Tangerang sudah ditandatangani Pak Menteri. Tapi Pak Menteri berpesan kita lihat situasi di masyarakat” kata Danang.

Terkait kenaikan tarif Tol Jakarta-Tangerang, meskipun surat keputusannya sudah diteken Menteri PUPR, namun akan disosialisasikan lebih dahulu kepada masyarakat. Sementara untuk Tol Jagorawi dan lainnya masih dalam proses yang besaran kenaikan tarifnya disesuaikan dengan laju inflasi masing-masing daerah.

Sedangkan menurut Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Desi Arryani, kenaikan tarif ini merupakan hal yang wajar terjadi dan bukan sesuatu yang khusus, karena menyangkut pengambilan investasi.

“Kalau tidak dinaikkan,tidak akan ada pengembalian investasi. Selain itu, kan sudah sesuai dengan Undang-Undang (UU)” kata Desi.

Baca Juga : Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II Akhirnya Dibuka

BPJT telah meminta Jasa Marga selaku pengelola Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) untuk melakukan survei terhadap minat masyarakat dalam menggunakan tol yang membentang dari Cikunir hingga Karawang Barat tersebut. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo