Menteri PUPR Tandatangani Perjanjian Pembangunan Pengusahaan Tol Semarang- Demak

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Perencanaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memandatangani perjanjian pembangunan pengusahaan Jalan Tol Semarang-Demak. Dengan perjanjian tersebut, pembangunan proyek tol Semarang-Demak dimulai. Ia menargetkan pembangunan jalan berbayar tersebut dapat rampung dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

“Akan kita selesaikan 2022 dari Semarang ke Demak. Hari ini akan kami mulai pelaksanaan tol, meneruskan dari Semarang ke Surabaya di jalur utara. Pada awalnya dari Semarang ke Demak sepanjang 27 kilometer” kata Basuki.

Basuki juga mengatakan, pembangunan tol sepanjang 27 kilometer sempat mundur dari target karena ada usulan untuk menggabungkan dengan proyek tanggul laut Kota Semarang.

“Saat ini rob sudah kita atasi dengan beberapa polder di Semarang Timur, kita bangun beberapa polder dari Semarang Timur sampai Terminal Terboyo, dan kita pasang pompa dan sudah selesai. Saya kira sudah tidak ada rob lagi sampai Universitas Sultan Agung sampai Sayung” lanjut Basuki.

Pembangunan konstruksi Tol Semarang-Demak rencananya akan dimulai pada akhir tahun ini. Tahapan pembangunan ditandai dengan pembentukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang-Demak.

Baca Juga : DPR RI Batal Sahkan RUU Pertanahan

BUJT tersebut terdiri dari tiga perusahaan yakni PT Pembangunan Perumahan, PT Wijaya Karya dan PT Misi Mulia Metrical selaku pemenang lelang pengusahaan Jalan Tol Semarang-Demak.

Sebagai informasi, pembangunan jalan tol degan nilai investasi sekitar Rp.15,3 Triliun ini ditargetkan akan berlangsung selama 2 tahun. Pembangunan jalan tol ini membutuhkan lahan seluas 1.887.000 meter persegi. Lahan dibagi menjadi dua seksi, yaitu seksi I Kota Semarang dan Seksi II Kabupaten Demak. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo