Proyek Terowongan Tol Depok-Antasari Ambruk

image

PropertiNews.id, Tangerang – Proyek pembangunan terowongan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II ambruk. Diduga struktur yang dibuat tidak mampu menahan beban beton saat pengecoran. Kecelakaan konstruksi pembangunan proyek tol ini terjadi di wilayah Krukut, Limo, Depok, pada Selasa dini hari kemarin.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengaku sudah mendatangi lokasi. Menurutnya, kondisi itu terjadi karena perancah atau struktur sementara tak mampu menahan beban beton.

“Lokasi sekarang sudah dibersihkan dari ketidakmampuan perancah menahan beban beton yang sedang dicor dalam waktu dekat” kata Danang.

Menurut Danang lokasi tempat kejadian merupakan lokasi yang sudah terproteksi dan bukan area publik. Pihaknya pun telah meminta ahli dari badan usaha dan Ditjen Bina Konstruksi serta Komite Keselamatan Konstruksi untuk menelaah kejadian ini.

Sementara Project Manager PT Citra Waspphutowa, Donosius Widianto membantah konstruksi tersebut ambruk. Dia bersikukuh lantaran kondisi besi-besi yang terpasang tidak mengalami kerusakan sama sekali.

“Kalau yang tercatat, soaring atau soring penyangganya mengalami penurunan kemampuan menyangga. Di lapangan, terdapat besi yang sudah terpasang dalam bentangan sepanjang 50 meter dengan lebar 10 meter, besi itu berfungsi sebagai tulangan penyangga beton” kata Widianto.

Baca Juga : Ibu Kota Baru akan Gunakan Transportasi Berkonsep Autonomous Rail Transit

Widianto juga menambahkan, kriteria ambruk itu beda. Kalau sekarang bisa dilihat masih ada sebagian besar konstruksinya pada posisinya. Kontraktor pelaksana juga telah membuat persiapan matang sebelum melaksanakan projek ini, dan menyiapkan antisipasi terkait pekerjaan yang dilakukan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo