Waskita Resmi Jual Dua Ruas Tol ke Investor Hong Kong

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa PT Waskita Toll Road (WTR) dikabarkan telah menyepakati penjualan konsesi dua ruas tol ke investor asal Hong Kong, Road King Infrastructure (RKI) Group. Hal tersebut dikonfirmasi setelah Menteri Basuki menerima laporan langsung dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit.

Menurut Basuki, penandatanganan jual beli telah dilakukan pada Senin kemarin. Ketika itu perjanjian jual beli konsesi dilakukan dalam acara conditional sales and purchase agreement (SCPA).

“Laporannya Pak Danang (Kepala BPJT), ‘ijin lapor Pak Menteri, kami hadir di acara conditional sales and purchase agreement (CSPA) antara Waskita Toll Road dan King Ltd” kata Basuki saat membacakan pesan singkat yang dilayangkan Danang kepadanya.

Menurut Basuki, dirinya pun segera mendapatkan laporan langsung dari Direktur Utama Waskita karya I Gusti Ngurah Putra. Rencananya, Bos Waskita akan melaporkan aksi korporasi ini kepada dirinya.

Sementara, Direktur Utama WTR Herwidiakto tidak menampik atau membenarkan soal kabar pelepasan aset tersebut. Hanya saja, ia meminta semua pihak bersabar menunggu kabar.

Untuk diketahui, WTR berencana melepas kepemilikan konsesi Tol Solo-Ngawi dan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Di masing-masing ruas tersebut, WTR mengempit 40 persen saham pada setiap Badan Usaha Jalan Tol yang memegang konsesinya.

Baca Juga : Tarif Sebagian Ruas Tol akan Mengalami Kenaikan Tahun Ini

Pemerintah memang tengah mencari sejumlah terobosan baru dalam hal pembiayaan pembangunan jalan tol baru. Salah satunya adalah menjual konsesi jalan tol yang sudah terbangun. Uang hasil penjualan tersebut nantinya akan kembali digunakan untuk membiaya pembangunan tol yang baru.

Saat ini konsesi jalan tol Solo-Ngawi sepanjang 90,43 km adalah PT Jasamarga Solo Ngawi. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Transjawa dan menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo