Ibu Kota Baru akan Gunakan Transportasi Berkonsep Autonomous Rail Transit

image

PropertiNews.id, Tangerang – Konsep transportasi pintar smart city smart mobility akan dikembangkan pemerintah di ibu kota baru. Konsep ini merupakan konsep transportasi canggih autonomous rail transit (ART) dengan kombinasi antara kereta dan bus.

Sistem transportasi futuristik ini menggunakan jalur rel virtual. Sistem ini juga disebut-sebut sangat fleksibel, murah, lebih baik dari trem maupun kereta biasa, ramah lingkungan, tidak membutuhkan rel baja, serta kapasitas angkut lebih besar dari bus.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Autonomus ini kombinasi antara kereta dan bus yang semuanya digerakkan oleh listrik.

“Di pusat kota itu nanti bisa bus listrik, bisa semacam trem, atau autonomous. Autonomous ini kombinasi antara kereta dan bus yang semuanya digerakkan oleh listrik. Australia, China, dan Jerman antara lain yang sudah menggunakannya. Saya akan menugaskan Dirjen Perhubungan Darat untuk melaukan survei disana” kata Budi.

Ia juga menambahkan, transportasi tersebut juga akan menjadi gerbang menuju ibu kota, dari Bandara menuju pusat ibu kota misalnya pemerintah akan membuat transportasi yang waktu tempuhnya hanya 30 menit ke pusat kota, salah satunya kereta api.

Baca Juga : Tol Manado-Bitung akan Beroperasi pada Tahun 2020

Untuk sumber investasi pengembangannya sendiri, Menteri Perhubungan memastikan sejauh ini belum ada penjajakan atau proposal resmi yang masuk. Meskipun, beberapa waktu lalu Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan menyebut salah satu perusahaan asal China sudah menyampaikan minatnya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo