Menteri BUMN : LRT Cibubur-Cawang Diuji Coba Pekan Depan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodetabek akan menjalani masi uji coba rute Cibubur-Cawang mulai pekan depan. Uji coba tersebut siap dilakukan, tinggal menunggu kedatangan kereta. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

“LRT kita mungkin minggu depan taruh kereta yang untuk Cibubur-Cawang dites dulu. Pokoknya nunggu sampai semua selesai” kata Rini.

Rini menambahkan, untuk kereta LRT yang akan datang ini sudah mendapatkan surat ijin kelayakan. Hal ini yang membuat Rini yakin uji coba LRT Cawang dan Cibubur bakal segera dilakukan. Terkait sertifikat laik fungsi wewenangnya ada pada Kementerian Perhubungan sebelum LRT Jabodetabek beroperasi secara komersial. Rini juga enggan berandai-andai kapan tenggat waktu rangkaian percobaan LRT Jabodetabek dilakukan.

Sebagai informasi, satu set kereta LRT yang terdiri atas enam gerbang mampu menampung penumpang sekitar 1.300 orang. Akses dari Stasiun Cibubur akan melalui Kwarnas. Untuk jalur I Cibubur-Cawang akan melintasi stasiun Cibubur-Ciracas-Kampung Rambutan-TMII-Cawang. Saat ini progres pembangunan lintasan dan stasiun Cibubur-Cawang sudah mencapai diatas 90%.

Jika tahap uji coba ini rampung, maka LRT Jabodetabek tersebut bisa beroperasi secara komersial.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan perihal tertundanya operasional LRT Jabodetabek rute Cawang-Cibubur yang seharusnya bisa beroperaso pada Oktober 2019. Ia justru mengatakan LRT rute itu baru bisa beroperasi pada 2021.

Baca Juga : Menteri BUMN Terus Dorong Pembangunan Bandara JB Soedirman

Ia menuturkan, dari sisi teknis rute LRT Cibubur-Cawang memang dimungkinkan dapat beroperasi pada Oktober 2019. Namun, eks Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan realisasi tersebut perlu dibahas bersama-sama. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo