PUPR Targetkan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Beroperasi Akhir Tahun Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyelesaikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Tol dengan panjang 189,2 kilometer ini ditargetkan bisa beroperasi pada akhir tahun 2019.

Pembangunan tol ini akan meingkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan dan dari Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu masuk Pulau Sumatera ke wilayah timur Sumatera.

Pembangunan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi. Seksi I merupakan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjag 112,20 kilometer dengan progres konstruksi sudah mencapai 99 persen. Sementara untuk Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer, yang saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 97 persen.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan. Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri, sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

“Saya minta Dirjen Bina Marga untuk menghubungkan jalan tol yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sampai exit, dilanjutkan menuju kawasan strategis seperti pelabuhan, industri atau kawasan wisata dengan menggunakan APBN” kata Basuki.

Baca Juga : Jadi Menteri PUPR Lagi, Basuki Hadimuljon akan Kelola Anggaran Rp 120 Triliun

Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung merupakan salah satu ruas Trans Sumatera yang menjadi proyek strategis nasional mulai dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.700 kilometer. Tol Trans Sumatera dapat menjadi alternatif selain Jalan Lintas Timur Sumatera yang sudah ada. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo