Jokowi Tinjau Lokasi Calon Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kalimantan Timur untuk meninjau langsug lokasi pemindahan ibu kota baru serta klaster pemerintahan di ibu kota negara baru nantinya. Lokasi yang ditinjau Jokowi berada di kawasan konsesi Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT International Timber Corporation in Indonesia (ITCI), Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantam Timur.

Presiden Joko Widodo meninjau calon ibu kota baru bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Agung, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Manoarfa, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar serta Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Kepada Media, Jokowi menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan kali pertamanya setelah keputusan resmi pemindahan ibu kota.

“Ini adalah kunjungan pertama saya setelah kita putuskan di PPU ini dan di Kukar sebagai ibu kota negara dan sudah diputuskan luasan 256.000 hektare yang akan dipakai dan dicadangkan untuk kawasan ibu kota. Kemudian kawasan intinya ada 56.000 hektare, untuk kawasan pemerintahannya 5.600 hektare” kata Jokowi.

Jokowi menyebut rencana membentuk provinsi di wilayah ibu kota baru masih dalam proses pembahasan. Artinya, pemerintah masih mempertimbangkan wilayah tersebut antara kota atau harus dibentuk provinsi baru.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Tol Pertama di Kalimantan Timur, Balikpapan-Samarinda Hanya 1 Jam

Peninjauan yang dilakukan Jokowi dan rombongan saat itu tidak seperti biasa. Karena harus melewati jalur berliku yang penuh tanjakan karena berada di kawasan perbukitan. Jalur yang dilewati pun tampak berlumpur karena saat itu sedang turun hujan.

Di satu tikungan yang dekat dengan lahan kosong, mobil yang dinaiki oleh rombongan tidak mampu menanjak. Dengan kondisi demikian, para menteri terpaksa turun dari mobil. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo