Jokowi Resmikan Tol Pertama di Kalimantan Timur, Balikpapan – Samarinda Hanya 1 Jam

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan tol pertama di Kalimantan Timur. Ruas tol tersebut adalah Balikpapan-Samarinda (Balsam), atau seksi 2-4. Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Samboja yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Posisi tol ini menjadi strategis dengan rencana pemindahan ibu kota negara. Sebab, Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu calon ibu kota negara selain Kabupaten Penajam Paser.

Jokowi menyatakan, tol pertama di Pulau Kalimantan ini sangat menghemat jarak tempuh dari Balikpapan ke Samarinda. Biasanya masyarakat harus menempuh waktu kurang lebih tiga jam untuk menuju Samarinda dan Balikpapan. Dengan adanya jalan tol ini, perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda hanya memakan waktu sekitar satu jam, atau bisa dibilang menghemat waktu dua jam.

“Bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau satu jam seperempat. Sehingga sekali lagi kecepatan efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan. Dan ini juga akan menciptakan ketersambungan yang saling melengkapi yang tadi sudah saya sampaikan yang sebelumya tiga jam sekarang jadi satu jam sedikit” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, tol yang diresmikannya ini memang baru sebatas seksi 2,3,4 dari total 5 seksi yang akan dibangun. Rencananya, semua seksi akan rampung tahun depan.

Baca Juga : LRT Beroperasi Secara Komersil, Properti Jakarta Bergairah

Seksi I ruas Balikpapan-Samboja (22,03 Km), Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa-Palaran (17,50 Km), Seksi IV Palaran-Samarinda (17,95 Km), dan Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan (11,09 Km). (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo