Jokowi Resmikan Tol Terpeka, Tol Terpanjang dengan Pembangunan Tercepat di Indonesia

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo resmi membuka Jalan Tol terpanjang di Indonesia, yaitu Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka). Tol yang juga terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini memiliki panjang 189 km.

Tol Terpeka kini menjadi jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia menggeser posisi Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km. Pembangunan tol ini pun masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memecahkan rekor Pembangunan Tol Terpanjang.

Memakan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun, tol Terpeka tidak hanya menjadi tol dengan ruas jalan terpanjang, namun akan menjadi tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

“Tol sepanjang 189 km adalah tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Dan kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin” kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan bahwa jalan tol ini memiliki arti yang besar antara lain penciptaan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, memberikan fasilitas kepada produksi artinya ada karet, sawit, dan lainnya, serta yang paling utama adalah penciptaan lapangan pekerjaan baru, sehingga berdampak pada keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Seusai diresmikan, Jalan Tol Terpeka ini akan digratiskan selama satu bulan kedepan. Jokowi mengaku mendengar rencana penggratisan layanan ruas tol langsung dari Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo.

Baca Juga : Rencana Beroperasi Pertengahan Tahun 2020, Proyek Pelabuhan Patimban Masih Bermasalah

Sebagai pengembang infrastruktur yang saat ini bertransformasi menjadi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia, Hutama Karya juga khawatir mengenai aspek keamanan dan keselataman. Pengguna Jalan Tol Terpeka juga dilengkapi dengan fasilitas patrol sesuai dengan standar yang berlaku. Terdapat 13 unit mobil patroli, 23 mobil derek, 4 unit rescue car, 10 unit patroli jalan raya dari kepolisian, serta 8 unit ambulans. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo