Jadi yang Terpanjang, Long Span LRT Jabodebek Sabet Rekor MURI

image

PropertiNews.id , Tangerang - Proyek pembangunan Light Rail Transit ( LRT) Konstruksi Jembatan Lengkung Bentang Panjang yang berada di ruas Kuningan, telah mendapat Sertifikat Persetujuan Desain dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR)

Empat menteri meresmikan pengecoran terakhir jembatan lengkung bentang panjang Kuningan pada proyek LRT Jabodebek. Peresmian dilakukan di persimpangan Jalan HR Rasuna Said Kuningan dan Jalan Gatot Subroto (Gatsu) Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Empat menteri itu yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Adapun jenis jembatan yang diresmikan ialah tipe box girder beton dengan radius lengkung 115 meter. Kemudian, panjang bentang utama 148 Meter dan beban pondasi pengujian 4.400 ton. Jembatan lengkung bentang panjang atau long span pada proyek LRT Jabodebek, menjadi yang terpanjang di dunia dan masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Baca juga :Jakarta dan Kota Lainnya akan Terancam Tenggelam Tahun 2050

Perusahaan di bidang jasa konstruksi, PT Adhi Karya (Persero) meraih dua Rekor Muri) atau Museum Rekor Indonesia atas desain jembatan lengkung kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek). Infrastruktur ini terletak di persimpangan jalan HR Rasuna Said dan jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Rekor pertama sebagai jembatan kereta boks beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia. Yang kedua, rekor pengujian axial statistic loading test pada fondasi bored pile dengan beban terbesar di Tanah Air.

Untuk diketahui progres LRT Jabodebek per 1 November 2019 mencapai 67,3%. Adapun rinciannya, Cawang-Cibubur 86,2%, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3% dan Cawang-Bekasi Timur 60,5%.

Proyek ini akan siap beroprasional pada pertengahan tahun 2021, Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri acara pengecoran terakhir Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan LRT Jabodebek, Senin (11/11).

“Target Juni-Juli 2021 selesai. Operasional LRT akan dilakukan secara langsung bersamaan pada 2021. Semua rute serentak, tidak bertahap,” jelas Budi. (AW)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo