Rencana Beroperasi Pertengahan Tahun 2020, Proyek Pelabuhan Patimban Masih Bermasalah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat yang menelan biaya lebih dari Rp8 Triliun masih memiliki kendala. Fase I proyek ini sudah dimulai sejak Agustus 2018. Pelabuhan ini rencananya akan beroperasi pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, proyek ini termasuk strategis karena akan memecah arus barang ke Barat yang menuju Pelabuhan Tanjung Priok dari kawasan industri di Bekasi dan Karawang, ke arah Timur.
“Mengenai (Pelabuhan) Patimban masih ada sedikit masalah. Mingu depan kita rapatkan. Pelabuhan seperti Patimban, mereka (Jepang) ada masih celah-celah perlu perbaikan gitu” kata Luhut.

Luhut tidak secara detail menjelaskan apa masalah proyek ini. Namun, yang pasti salah satu masalah yang mengganjar Pelabuhan Patimban, adalah soal akses menuju lokasi. Pembangunan akes yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disebut terkendala pembebasan lahan.

Dalam proses perjalanannya, Jepang tertarik untuk berinvestasi di pelabuhan tersebut. Jepang memang punya kepentingan karena Pelabuhan Patimban akan menopang aktivitas industri Jepang di Karawang dan Bekasi terutama otomotif dan lainnya. Namun, investor Jepang masih perlu kepastian investasi dalam beragam aturannya.

Baca Juga : MRT Jakarta Segera Terbitkan Multi Trip Card dalam Waktu Dekat

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, car terminal akan beroperasi lebih dulu pada Apil 2020 sebelum akhirnya pelabuhan Patimban tahap I rampung di akhir tahun.

“Yang kita rencanakan adalah mungkin April pertengahan tahun depan, kita akan mulai melakukan penggunaan pertama dari car terminal. Oleh karenanya saya akan koordinasikan supaya diselesaikan, baru nanti akhir tahun 2020 selesai semuanya” kata Budi Karya.

Car terminal Pelabuhan Patimban ini nantinya memiliki kapasitas tampung 250 ribu sampai 300 ribu kendaraan per tahun. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo