MRT Jakarta Segera Terbitkan Multi Trip Card dalam Waktu Dekat

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta segera menerbitkan Kartu Jelajah langganan atau multi-trip dalam waktu dekat. Rencananya, kartu ini akan diluncurkan pada 25 November 2019. Hal ini menyusul persetujuan Bank Indonesia (BI) Nomor 21/447/DKSP/Srt/B tertanggal 14 November 2019.

Dengan Kartu Jelajah, pengguna MRT tidak akan perlu menunggu saat menempel kartu untuk masuk ke peron. Saat ini, untuk bisa menaiki MRT masyarakat harus membeli di loket (single trip) atau bisa juga menggunakan kartu elektronik dari bank (U-Nik). Namun jika menggunakan U-Nik tersebut, para pengguna mesti menunggu setidaknya 2 detik untuk memastikan apakah kartu itu terbaca atau tidak.

“Bedanya kita dengan kartu bank, gunanya sama, cuma kecepatannya. Kalau kartu single trip itu 0,2 detik, kartu bank hampir 2 detik. MTT pun akan cepat. Kalau kartu kita tuh kita bahkan enggak perlu disentuh” kata Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi.

Effendi juga menjelaskan, dengan ini masyarakat tidak perlu lagi refund saat tiba di stasiun tujuan. Ha ini dapat menghemat waktu dan kerja dari para karyawan MRT Jakarta. Selain itu, sosialisasi juga akan dilakukan kepada masyarakat.

“Sebelum diluncurkan, kami akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terlebih dahulu selama satu pekan, mulai Senin (18/11/2019)” kata Effendi.

Baca Juga : Ini Dia Tantangan Pemerintah Membangun Transportasi di Ibu Kota Baru

Jelajah MTT yang diproduksi sebanyak 950.000 unit ini merupakan pembayaran non-tunai atau uang elektronik berbasis chip (chip based) yang dirancang memiliki validitas lebih lama sehingga dapat digunakan berulang kali. 

Sebagaimana tercantum dalam surat izin Bank Indonesia, MRT Jakarta juga melakukan interkoneksi dan interoperabilitas dalam bentuk konvergensi teknis dengan kartu KMT Kereta Commuter Indonesia (KCI) paling lambat 1 Januari 2022. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo