Pemerintah Ungkap Rencana Bangun Danau Toba Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar Danau Toba menjadi destinasi wisata yang lebih berkelas. Ia mengatakan akan mempercepat pembangunan agar Danau Toba menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Pembangunan akan dilakukan secara paralel termasuk untuk pengemangan daerah wisata maupun aksesibilitas lokasi wisata Danau Toba.

Saat mengunjungi Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (29/7/2019) lalu, Jokowi mengatakan rencana pengelolaan Danau Toba sebagai sebuah destinasi wisata yang benar-benar berkelas. Namun produk wisata harus diperbaiki sehingga menjadi destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diprediksi Umumkan Pemindahan Ibukota Bulan Agustus

“Dulu (Pemerintah) memutuskan dan merencanaan pengelolaan Danau Toba sebagi sebuah destinasi wisata yang betul-betul berkelas. Tetapi produk di sini harus diperbaiki, brandnya harus diangkat. Sehingga betul-betul menjadi sebuah tempat yang wajib dikunjungi,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengucapkan bahwa Pemerintah siap memberikan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata sebesar Rp. 3,5 triliun.

Selain itu, APBN akan dikombinasikan dengan para investor kare kebutuhan pembangunan Danau Toba dinilai membutuhkan investasi besar.

Ditargetkan selesai pada tahun 2020, Pemerintah memastikan untuk melakukan promosi besar-besaran setelah pembangunan kawasan wisata dan infrastruktur di wilayah Danau Toba rampung.

Baca Juga: Konferensi Real Estate Investment Indonesia Bahas Investasi Asing Langsung di Sektor Properti

Selain wisatawan lokal, Danau Toba juga ingin dijadikan tujuan wisata bagi wisatawan asing. Oleh karena itu, promosi tidak hanya akan dilakukan di dalam negeri, namun juga ke luar negeri.

“Setelah semuanya selesasi. Artinya Insya Allah tahun depan. Meski sekarang sudah mulai tapi promosi besar-besarannya tahun depan setelah semua produk ini betul-betul selesai,” pungkas Jokowi. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo