672 Peserta Mengikuti Sayembara Desain Ibu Kota Baru

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sayembara desain ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur disambut meriah oleh masyarakat. Terlihat antusias peserta yang mengikuti sayembara ini hingga 18 Oktober 2019 mencapai 672 peserta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, sayembara ini bertujuan untuk memperoleh berbagai ide dan gagasan desain kawasan melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung dibidang arsitektur, perencanaan dan perancangan kota, maupun disiplin lain yang terkait.

“Perencanaan dan perancangan IKN ini merupakan langkah awal yang menentukan dalam mewujudkan IKN yang sesuai dengan harapan kita semua. Dalam sayembara ini, kami berharap agar para peserta dapat mencurahkan gagasan-gagasannya untuk mentransformasikan setiap kriteria ke dalam bentuk desain kota yang kita impikan dan akan kita wujudkan bersama” kata Basuki dalam pernyataan tertulis.

Menurut Menteri Basuki, IKN yang baru harus dirancang sebagai kota masa depan berkonsep smart metropolis sebagai tempat dimana talenta-talenta terbaik nasional dan internasional akan tinggal dan bekerja.

dengan tercatatnya 672 pendaftar di Kementerian PUPR, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, jumlah tersebut jauh dari ekspektasi penyelenggara. Bahkan ada pula pendaftar dari luar negeri.

“Ini (pendaftar) dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Luar negeri juga ada, palling banuak ada dari DKI Jakarta. Ini akan bertambah bisa sampai 700” kata Danis.

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan McKinsey Indonesia Sebagai Konsultan Pemindahan Ibu Kota

Namun Danis belum bisa menjelaskan dari negara mana saja pendaftar yang dari luar negeri. Yang jelas, ada 12 kelompok teregister bukan dari Indoneisa. Pendaftaran masih dibuka hingga 21 Oktober 2019 mendatang. Danis bilang, pendaftaran sengaja diperpanjang dari yang seharunya. Alasannya, ada tahapan penjeasan lapangan yang dilaksanakan pada 21 Oktober di lokasi ibu kota baru, Kalimantan Timur. Adapun penyetoran karya, berlangsung pada 18-29 November 2019. Sedangkan penjurian dilaksanakan pada 9-13 Desember 2019. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo