Tertarik Investasi di Ibu Kota Baru, UEA Siapkan Dana Rp319 T

image

PropertiNews.id, Tangerang – Uni Emirat Arab (UEA) tertarik untuk berinvestasi di Indonesia, setelah Presiden Joko Widodo bertolak ke Abu Dhabi dalam rangka kunjungan kerja dan menawarkan investasi ibu kota negara baru.

Dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed bin Zayed, Pemerintah UEA siap mengeluarkan dana investasi sebesar US$ 22,8 miliar atau setara dengan Rp3.19 triliun (kurs Rp 14.000) di Indonesia. Melalui Sovereign Welth Fund, bersama dengan Masayoshi dari Softbank (Jepang), dan juga dari International Development Finance Corporatio (IDFC) Amerika Serikat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, UEA ingin berkontribusi bagi negara Indonesia karena memiliki penduduk Islam terbanyak.

“Tadi dibicarakan dari Presiden mengenai Sovereign Wealth Fund waktu tete a tete kebetulan saya ada, bahwa Crowned Prince itu berulang kali mengatakan bahwa Indonesia adalah sahabat kami yang sangat dekat. Berulang kali beliau mengingatkan bahwa Indonesia penduduk Islam terbanyak. Jadi, mereka ingin berkontribusi bagi negara Indonesia” kata Luhut.

Luhut juga mengatakan, kesepakatan investasi dengan Uni Emirat Arab merupakan terbesar dan tercepat sepanjang sejarah Indonesia. Luhut menyebut, Uni Emirat Arab antara lain tertarik untuk berinvestasi di Ibu Kota Baru dan mengembangkan pariwisata di Aceh.

Baca Juga : Pemerintah akan Bangun Bandara Ngloram di Blora Setelah 36 Tahun Terbengkalai

Luhut menambahkan, Jokowi meminta Sheikh Mohamed bin Zayed sebagai dewan pengarah pembangunan IKN yang baru. Namun Luhut menekankan, pihak asing bisa berkontribusi di luar klaster pemerintahan.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri (Menlu) Retro Marsudi menyampaikan, dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zyed itu dihasilkan 16 kerja sama. Rinciannya 5 kerja sama sifatnya G to G. Sementara 11 kerja sama yang lain sifatnya adalah bisnis. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo