Tingkatkan Kenyamanan Santri, Kementerian PUPR Bangun Rusun Pondok Pesantren di Riau

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan membangun rumah susun (rusun) Pondok Pesantren untuk para santri di Provinsi Riau. Pembangunan ini dengan tujuan mendorong peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan pondok pesantren, serta meningkatkan kenyamanan para santri untuk dapat lebih fokus dalam belajar dan menuntut ilmu agama.

Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau Aldino Herupriawan dalam keterangan tertulisnya mengatakan, pembangunan rusun ini adalah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bahwa rusun santri di ponpes merupakan infrastruktur pendukung pendidikan.

Aldino juga menambahkan, untuk menindaklanjuti hal tersebut pada akhir tahun 2019, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau telah menyelesaikan pembangunan sejumlah rusun pondok pesantren. Adapun rusun yang dibangun berada di tiga lokasi yaitu dua tower di Kota Pekanbaru dan satu tower di Kabupaten Kampar.

Pembangunan rusun di ponpes tersebut menggelontorkan dana sebesar Rp16,801 miliar yang menggunakan dana APBN tahun 2019.

Pondok pesantren yang menerima bantuan rusun adalah Yayasan Ponpes Nurul Huda Al Islami di Kecapatan Marpoyan Kota Pekanbaru, Yayasan Pondok Modern Al Kautsar di Kecamatan Sail Kota Pekanbaru, dan Yayasan Wakaf Al Ihsan Riau (Al Ihsan Boarding School) di Desa Kubang Jawa Kabupaten Kampar.

Baca Juga : 146 Rumah Tak Layak Huni di Mempawah Dapat Bantuan Perbaikan dari Pemerintah

Ketiga rusun tesebut saat ini telah dihuni, seperti sebanyak 70 santri di rusun tipe barak supermini di Ponpes Nurul Huda Al Islami, 150 santri di rusun tipe barak di Pondok Pesantren Al Kautsar, dan 128 santri di rusun tipe barak di Yayasan Al Ihsan Boarding School.

Setiap unit rusun pondok pesantren ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti listrik, air bersih, tempat tidur susun dan lemari pakaian guna menyokong kenyamanan tinggal para santri. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo